Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan jadwal kampanye rapat umum pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serentak 2024.

"Jadwal kampanye rapat umum ditetapkan melalui keputusan KPU Kalteng nomor 55 tahun 2024. Telah kami sampaikan ke tim pemenangan serta pihak terkait lain," kata Anggota KPU Kalteng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menerangkan, sesuai ketetapan tersebut rapat umum dimulai pukul 09.00 waktu setempat dan berakhir paling lambat pukul 18.00 waktu setempat.

"Catatan khususnya adalah dengan tetap menghormati hari dan waktu ibadah masyarakat setempat," katanya.

Harmain menerangkan, pada pelaksanaan rapat umum, masing-masing Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah melaksanakan kampanye itu sebanyak dua kali pada tempat yang telah disepakati.

Baca juga: Bawaslu Kalteng ajak media massa dan mahasiswa awasi kecurangan Pilkada 2024

Untuk pasangan calon nomor urut 1 Calon Gubernur Willy M Yoseph dan Calon Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya mendapat jadwal rapat umum pertama di Kabupaten Kotawaringin Barat, pada Sabtu (9/11). Kemudian paslon nomor urut 1 yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PBB itu mendapat jadwal rapat umum kedua di Kabupaten Kapuas pada Sabtu (23/11).

Paslon nomor urut 2 Calon Gubernur Nadalsyah Koyem dan Calon Wakil Gubernur Supian Hadi mendapat jadwal rapat umum pertama di Palangka Raya pada Kamis (21/11). Kemudian rapat umum kedua, Paslon nomor urut 2 yang diusung PDI-P, Demokrat, Hanura dan PPP mendapat jadwal di Kabupaten Kotawaringin Timur di Kotawaringin Timur pada Sabtu (23/11).

Untuk paslon nomor urut 3 Calon Gubernur Agustiar Sabran dan Calon Wakil Gubernur Edy Pratowo mendapat jadwal rapat umum pertama di Kabupaten Kapuas pada Minggu (27/10). Kemudian paslon nomor urut 3 yang diusung Partai Gerindra, PAN, PSI, PKS, dan PKN mendapat jadwal rapat umum kedua di Kotawaringin Timur pada Minggu (17/11).

Terakhir, paslon nomor urut 4 Calon Gubernur Abdul Razak dan Calon Wakil Gubernur Sri Suwanto mendapat jadwal rapat umum pertama di Kabupaten Kotawaringin Barat pada Minggu (3/11). Kemudian, paslon nomor urut 4 yang diusung Partai Golkar, Perindo, Partai Buruh, Gelora, dan Ummat ini, juga mendapat jadwal rapat umum kedua di Palangka Raya pada Minggu (17/11).

"Kami selalu mengajak seluruh elemen masyarakat menghadirkan Pilkada Serentak yang edukatif, membangun semangat nasionalisme serta mampu meningkatkan peran masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi yang aman, nyaman, adil dan berkualitas," kata Harmain.

Baca juga: Gubernur Kalteng dorong partisipasi pemilih capai 90 persen pada Pilkada 2024

Baca juga: Dana kampanye paslon Pilkada Barito Selatan dibatasi Rp18,6 miliar

Baca juga: KPU Barsel telah terima tujuh dari 40 jenis logistik pilkada 2024

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024