Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Timur, Kalimantan Tengah terus bersiap diri dalam rangka mengadakan debat perdana bagi pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur pada Kamis (30/10/2024) mendatang.

“Kita sudah siap dan terus mempersiapkan segala kekurangannya,” kata Ketua KPU  Barito Timur, Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Rabu.

Debat publik Pilkada Barito Timur merupakan salah satu bagian tahapan Pilkada 2024. Ini menjadi ajang penting bagi ketiga pasangan calon untuk memaparkan visi dan misi masing-masing di hadapan publik.

KPU Bartim memberikan kesempatan kepada setiap paslon untuk mempersiapkan diri menghadapi debat publik. Dan tiap pasangan calon dibatasi paling banyak membawa pendukung dan simpatisan sebanyak 50 orang untuk menghadiri dalam acara debat tersebut.

Beberapa panelis dari berbagai institusi pendidikan akan diundang untuk menjadi panelis, seperti Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), dan Universitas Palangka Raya (UPR).

Baca juga: Debat perdana Pilkada Bartim digelar 30 Oktober

Selain itu, KPU juga mengundang berbagai pihak, termasuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat lainnya, untuk mendengarkan pemaparan visi dan misi dari masing-masing pasangan calon serta mengikuti jalannya debat.

Dalam persiapannya, KPU Bartim telah berkoordinasi dengan pihak keamanan dari TNI dan Polri. Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, pihak keamanan menyatakan kesiapan untuk mengawal jalannya debat agar berlangsung aman dan tertib.

“Kita tidak mengetahui persisnya personel keamanan berapa orang. Hasil koordinasi, pihak keamanan menyatakan siap menjaga keamanan jalannya proses debat publik Pilkada Bartim 2024,” kata Satya.

Debat perdana ini diharapkan menjadi momen yang sangat penting dalam memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai program-program yang akan diusung oleh setiap pasangan calon dalam Pilkada Bartim 2024.

Pilkada  Bartim diikuti tiga pasangan calon yakni M Yamin – Adi Mula Nakalelu dengan nomor urut satu, Pancani Gandrung – Raran sebagai pasangan calon nomor urut dua, dan Ariantho S Muler – Ahmadi sebagai pasangan calon nomor urut tiga.

Baca juga: Sekda Bartim tekankan keseriusan menyelesaikan program dan netralitas ASN di Pilkada 2024

Baca juga: Asisten II Setda: Wajib pajak harus pahami PPh Pasal 21 dengan TER

Baca juga: Pemkab Bartim lestarikan bahasa dan sastra daerah


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024