Kuala Kapuas (ANTARA) - Calon Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, berjanji jika terpilih nanti dalam Pilkada 2024 ini, memprogramkan pemberian satu unit mobil operasional setiap relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di daerah setempat.

“Ketika kami diamanahkan nantinya kita akan programkan satu BPK itu satu mobil. Karena kita mau BPK-BPK ini mempunyai sarana prasarana yang layak, karena kegiatan-kegiatan mereka itu adalah kegiatan yang mulia,” kata Erlin Hardi, di Kuala Kapuas, Kamis.

Hal itu disampaikan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, Erlin Hardi-Alberkat Yadi ini, usai menggelar ngobrol santai atau ‘Ngobras’ bersama puluhan relawan BPK yang ada di daerah setempat, bertempat di salah satu pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) jalan Teratai Kuala Kapuas.

Tidak hanya itu, lanjutnya, perhatian serius pemerintah ke depan paslon yang diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh dan Partai Umat ini, juga akan memperhatikan masalah BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan maupun dana pembinaan bagi mereka.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas tingkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah

Selain itu, juga memperhatikan sumber daya manusia (SDM) bagi para relawan BPK ini, berupa pelatihan-pelatihan khusus dalam menolong serta membantu masyarakat di daerah setempat.

“Untuk menjadi relawan inikan tidak semua orang bisa menjadi relawan, karena ada batasan-batasan yang mengatur itu, seperti salah satunya batasan usia, tidak boleh anak-anak di bawah umur menjadi relawan,” katanya.

Ketika itu menjadi relawan, sambungnya, harus dilatih dan harus mempunyai kemampuan khusus tidak boleh sembarangan. Banyak BPK di daerah setempat, itu tumbuh secara otodidak, karena kemauan mereka untuk menjadi relawan, sehingga mereka mendapat sesuatu itu dengan kesadaran masing-masing.

“Inilah yang menjadi tugas pemerintah ke depan untuk memberikan perhatian serius bagi mereka berupa bantuan mobil operasional, BPJS, dana pembinaan, memberikan peningkatan SDM bagi BPK serta memberikan perlindungan bantuan hukum bagi mereka dalam melaksanakan tugas menjadi relawan di lapangan,” demikian Erlin hardi.

Baca juga: Puluhan pelaku usaha kecil menengah di Kapuas ikuti Bazar UMKM Halal

Baca juga: TP PKK Kapuas juara umum lomba masak serba ikan

Baca juga: Seger Waras juara I lomba Posyandu Kalimantan Tengah


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024