Sampit (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Shalahuddin berpesan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) setempat untuk senantiasa menjaga kesehatan jasmani dan rohani demi kinerja yang optimal.

“Saya selalu mengingatkan kepada ASN, baik itu yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kontrak, bahwa kesehatan jasmani dan rohani penting agar dalam pelaksanaan tugas semakin bagus dan baik,” kata Shalahuddin di Sampit, Jumat.

Hal ini ia sampaikan usai senam pagi bersama ASN di halaman Kantor Bupati Kotim. Kegiatan ini diikuti puluhan ASN termasuk pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kotim. 

Seluruh ASN yang hadir tampak bersemangat mengikuti setiap gerakan senam yang dipandu oleh instruktur profesional dan diiringi musik yang energik. Kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Shalahuddin menyebut menjaga kesehatan dan kebugaran merupakan hal yang penting bagi ASN agar lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab melayani masyarakat. Ia juga membagikan tiga cara untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Disdik Kotim selektif terkait izin pinjam pakai rumah dinas guru

Pertama, senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan iman dan taqwa yang kuat niscaya dalam melaksanakan pekerjaan akan lebih baik dan lancar, serta terhindar dari godaan untuk melakukan tindakan yang dilarang atau melanggar aturan.

Kedua, menjaga keharmonisan rumah tangga dan keluarga. Meski tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan di kantor, namun keharmonisan keluarga ini berpengaruh besar terhadap pekerjaan. 

Tak jarang orang yang memiliki masalah di keluarga kemudian berdampak pada pekerjaan di kantor, sehingga tidak fokus dan kinerja pun kurang optimal.

“Lalu yang ketiga, dalam bekerja perlu ditunjang dengan kondisi fisik atau jasmani yang sehat, caranya seperti yang kami lakukan hari ini dengan berolahraga untuk membuat badan lebih sehat dan fit,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah ini berpesan agar ASN mengatur pola makan, terutama bagi yang memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes agar bisa mengurangi konsumsi gula.
 
“Tiga hal ini yang selalu saya tekankan bagi para ASN. Karena ketika badan kita sehat maka dalam melaksanakan tugas akan lancar, program kegiatan yang sudah kita susun bisa dilaksanakan dengan baik demi pembangunan dan kemajuan daerah kita,” demikian Shalahuddin.

Baca juga: Bawaslu Kotim gelar deklarasi bersama untuk jaga netralitas ASN

Baca juga: Pjs Bupati Kotim sebut Muskab PWRI momentum perkokoh organisasi

Baca juga: Keseriusan Pemkab Kotim menerapkan SPBE diapresiasi

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024