Menpora Akan Buka KSN PMKRI di Palangka Raya

id PMKRI, menpora imam nahrowi

Menpora Akan Buka KSN PMKRI di Palangka Raya

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (ANTARA FOTO/Wira Suryantala)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dipastikan akan membuka konferensi studi nasional (KSN) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) di aula Jayang Tingang Kompleks perkantoran Gubernur Kalteng pada Senin (27/7).

Kepastian pembukaan KSN yang dihadiri seluruh kader PMKRI se-Indonesia ini disampaikan langsung Menpora kepada Pengurus Pusat, kata Ketua Presidium PMKRI Palangka Raya Karisma Putra Purwanto, di Palangka Raya, Minggu.

"Selain membuka KSN PMKRI, Menpora juga 'keynote speaker' (pembicara kunci) terkait perspektif dan peran pemuda dalam memajukan ekonomi Indonesia. Siapa saja boleh mengikuti kegiatan itu. Silakan datang ke AJT, jam 8 pagi dimulai," tambahnya.

KSN yang dihadiri 66 cabang dan tujuh calon cabang PMKRI seluruh Indonesia ini terbagi dua, yakni seminar dan diskusi grup fokus (FGD). Seminar yang terbuka untuk umum akan menghadirkan Bupati Kutai Kartanegara, tokoh nasional Prof DR Jimly Asshiddiqie, Ahli Energi dan Perminyakan DR Kurtubi dan anggota DPR RI Johny Plate.

Sedangkan FGD, hanya diikuti kader dan pengurus Pusat PMKRI yang nantinya menggali dan membahas tema "Mempertegas Kemandirian Ekonomi Menuju Indonesia yang Maju dan Sejahtera, Merancang Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi Masyarkat Ekonomi ASEAN (MEA)", dan merancang strategi penguatan sektor-sektor produktif perekonomian Nasional.

"FGD itu juga nantinya mengkaji kedaulatan pangan dan energi nasional dan Pembangunan daerah tertinggal. Isu-isu yang sedang berkembang di provinsi Kalteng juga akan dibahas," ucap Kharisma.

Ketua Presidium PMKRI Palangka Raya itu menyebut seminar merupakan bahan bagi kader PMKRI se-Indonesia untuk FGD. Sebab, akhir dari KSN tersebut nantinya akan dibuat pernyataan sikap PMKRI dan disampaikan ke Presiden, DPR dan berbagai lembaga Negara maupun pemerintah daerah.

Kegiatan skala nasional yang membutuhkan dana ini, tentunya harus bermanfaat bagi Kalteng, sehingga dalam pernyataan sikap PMKRI hasil KSN nantinya juga akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Kalteng, termasuk keterlibatan pemuda dalam memajukan ekonomi Indonesia.

"KSN ini dapat dilaksanakan PMKRI Palangka Raya berkat dukungan penuh dari Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, alummi sekaligus Bupati Lamandau Marukan, Kepala Dinas Pekerjaa Umum (PU) Leonard S Ampung, Kapolda, para alumni dan berbagai pihak," demikian Karisma.