Teras Narang: KPK kunci membangun SDM unggul dan siap hadapi tantangan

id ketua pmkri palangka raya, pmkri palangka raya, teras narang reses ke pmkri palangka raya, teras narang, Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, Rahel D

Teras Narang: KPK kunci membangun SDM unggul dan siap hadapi tantangan

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua PMKRI Palangka Raya Rahel Dewi Sartika didampingi Sekjen DPP PMKRI Pusat di Palangka Raya, Sabtu (22/10/2022). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendorong sekaligus mengajak Gerakan Mahasiswa, terkhusus pengurus beserta kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berkontribusi dan terlibat aktif dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan.

Tiga bidang yang dapat disingkat KPK itu merupakan kunci penting membangun sumber daya manusia (SDM) unggul dan siap menghadapi berbagai tantangan kekinian, kata Teras Narang saat pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang PMKRI Palangka Raya sekaligus dialog di Aula DPRD Palangka Raya, Sabtu.

"Jadi, saya berpesan sekaligus mengajak para mahasiswa, terkhusus PMKRI, yang merupakan kaum muda dan intelektual, menjadikan KPK itu sebagai fokus dalam setiap pergerakan maupun tindakan," ucapnya.

Mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu pun mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua beserta pengurus DPC PMKRI Palangka Raya periode 2022-2025. Dirinya juga berpesan agar selama menjadi pengurus, dapat membuat program-program yang mengarah kepada KPK tersebut, sekaligus menjawab berbagai tantangan kekinian dan global.

Teras Narang mengatakan ada tantangan yang harus diketahui oleh para mahasiswa, termasuk PMKRI, yakni HE4F atau Health (Kesehatan), Education (Pendidikan), Food (Pangan), Fuel (Energi), Financial (Keuangan), dan Forestry (Kehutanan). Selain itu, hadirnya revolusi industri 4.0, pandemi Covid-19, spanasnya konstelasi politik global Rusia versus Ukraina serta Amerika versus China, membuat dunia sekarang ini tidak sedang baik-baik saja.

"Tantangan HE4F semakin terasa nyata berdampak pada kehidupan kita. 

Saya mendorong agar PMKRI dan gerakan mahasiswa melihat tantangan ini. Kemudian merumuskan program-program yang menguatkan kapasitas sumber daya manusia kita dalam mengatasi tantangan HE4F," kata dia.

Menurut senator asal Kalteng itu, hal paling mudah yang dapat dilakukan oleh para pemimpin organisasi seperti PMKRI dan gerakan mahasiswa serta pemuda lainnya, dengan mengintegrasikan program kerja mereka yang berfokus pada KPK. Sebab, KPK itu memiliki peran penting dalam mempersiapkan SDM menghadapi semua tantangan globa itu.
Anggota DPD RI Agustin Teras Narang bersama pengurus PMKRI Pusat dan Cabang Palangka Raya foto bersama usai pelantikan PMKRI Palangka Raya periode 2022-2024 di Palangka Raya, Sabtu (22/10/2022). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

"Kondisi dunia memang sedang tidak baik-baik saja. Itu harus jadi pemicu dan semangat kita sebagai rakyat dan bangsa Indonesia untuk mempersiapkan diri dan menjadi yang terbaik di tengah kondisi itu," demikian Teras Narang.

Sementara itu, Ketua Presidium DPC PMKRI Palangka Raya Rahel Dewi Sartika mengucapkan terimakasih atas kesediaan Anggota DPD RI Agustin Teras Narang hadir dalam pelantikan, sekaligus memberikan gambaran terhadap berbagai kondisi dan tantangan kekinian, serta masukan yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program selama menjabat.

Dia mengatakan bahwa KPK atau Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan selalu menjadi perhatian serius di PMKRI dari masa ke masa. Hal itu terlihat dari rutinnya dilakukan pelatihan secara berjenjang kepada anggota maupun kader PMKRI. Tak hanya itu, PMKRI Palangka Raya juga sering ikut dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, termasuk kesehatan.

"Kami di PMKRI memang memegang teguh Terwujudnya Keadilan Sosial, Kemanusiaan dan Persaudaraan Sejati," demikian Rahel.

Baca juga: Teras Narang: Mahasiswa harus bagian utama dalam pembangunan Indonesia Sentris

Baca juga: Wujudkan kawasan ekologis, infrastruktur pendukung ke TN Sebangau perlu dibangun

Baca juga: Teras Narang apresiasi Pemkab Pulpis dukung pembentukan Desa Adat di Buntoi