FIFA Diterpa Prahara Setelah Jerome Valcke Nonaktif

id FIFA Diterpa Prahara Setelah Jerome Valcke Nonaktif, FIFA Sepp Blatter, Sekretaris Jenderal Jerome Valcke

FIFA Diterpa Prahara Setelah Jerome Valcke Nonaktif

Jerome Valcke (REUTERS / Sergio Moraes)

Zurich, Swiss (ANTARA News) - FIFA ditimpa skandal baru Kamis waktu setempat setelah Sekretaris Jenderal Jerome Valcke tiba-tiba dibebastugaskan menyusul tuduhan keterlibatannya dalam penjualan tiket yang membuatnya kini di bawah radar penyelidikan.

Tangan kanan Presiden FIFA Sepp Blatter itu tiba-tiba dinonaktifkan dari tugasnya setelah gelombang baru skandal menghajar badan sepak bola dunia tersebut.

Sementara itu Swiss menyatakan seorang mantan wakil presiden FIFA mesti diekstradisi ke AS untuk penyelidikan korupsi. Ini menjadi tersangka pertama yang akan diadili atas tuduhan suap yang mengguncang badan sepak bola dunia tersebut.

Valcke diminta meninggalkan dan dibebastugaskan secepatnya sampai pemberitahuan selanjutnya, kata FIFA.

"Lebih jauh, FIFA mengkhawatirkan rangkaian tuduhan yang melibatkan sekretaris jenderal dan telah diminta melakukan penyelidikan resmi oleh Komisi Etik FIFA."

Pria Prancis berusia 54 tahun itu sebelumnya membantah terlibat dalam pembayaran 10 juta dolar AS kepada Afrika Selatan pada awal tuduhan korupsi yang memaksa Blatter mundur belum lama ini.

Tuduhan terbaru kepada Valcke adalah keterlibatannya dalam penjualan tiket Piala Dunia pada harga yang sudah dibesarkan untuk kemudian mengambil keuntungan dari harga yang sudah dinaikkan itu.

Tuduhan itu disampaikan Benny Alon, konsultan Israel asal Amerika pada sebuah perusahaan yang menjalin kesepakatan dengan FIFA untuk menjual tiket Piala Dunia 2014. Kontrak itu kemudian dibatalkan.

Valcke sendiri membantah tudingan ini melalui pengacaranya bahwa, "Jerome Valcke dengan tegas membantah tuduhan-tuduhan bohong dan keterlaluan dari Benny Alon itu."