Cegah Karhutla, Barito Utara Pasang Papan Peringatan

id Barito Utara, Muara Teweh, Cegah Karlahut, Barito Utara Pasang Papan Peringatan, Iwan Rusdani, Karhutla

Cegah Karhutla, Barito Utara Pasang Papan Peringatan

Para petugas dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Barito Utara melakukan pemasangan plang papan himbauan agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan di beberapa desa yang tersebar di delapan Kecamatan. (Ist)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memasang papan peringatan dan pembagian leaflet, booklet, poster dan lainnya guna mencegah kebakaran lahan dan hutan di daerah tersebut.

"Berdasarkan hasil evaluasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Barito Utara tahun 2015 terdapat 24 desa yang tersebar di delapan dari sembilan Kecamatan terdeteksi rawan kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Iwan Rusdani di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Iwan, guna mencegah bahaya kebakaran hutan dan lahan tersebut, maka pihaknya memfokuskan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di 24 Desa yang tersebar di delapan kecamatan dengan tidak mengesampingkan desa dan kecamatan lainnya.

Dalam melakukan pencegahan dan pengendalalian tersebut, pihaknya bersama instansi terkait melakukan pemasangan papan peringatan dan pembagian leaflet, boklet, poster dan pin dibeberapa tempat yang dianggap rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Sebelumnya selama tiga bulan dari Februari-April 2016, kami melakukan survei dan monitoring dilokasi rawan kebakaran," katanya.

Iwan juga mengimbau semua pemegang Izin Usaha Kehutanan dan Izin Usaha Perkebunan agar mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar izin konsesinya terkait pencegahan dan pengendalian hutan dan lahan.

"Hal ini telah ditindaklanjuti oleh sebagian perusahaan perkebunan yang telah melakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan seperti di PT Harisa Agro Lestari yang telah melakukan sosialisasi di Desa Sei Rahayu Kecamatan Teweh Tengah pada Mei 2016 lalu," ujarnya.

Pemasangan papan peringatan dan pembagian pembagian leaflet serta spanduk telah dilakukan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Barito Utara.

Pemasangan spanduk yang berisikan himbauan dan peringatan tersebut dimulai dari Jembatan KH Hasan Basri, simpang Trahean, kilometer 12 dan kilomter 20 dan di depan kantor Dishutbun Barito Utara.

Kemudian memasang papan peringatan bahaya kebakaran di simpang tiga Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, kilometer 18, simpang tiga Jalan Negara Muara Teweh-Kandui, kilometer 30 dan kilometer 35 Desa Kandui dan Desa Tapen Raya Kecamatan Gunung Timang.