Film "Doctor Strange" Puncaki Box Office Amerika Utara

id Film Doctor Strange, Doctor Strange, Puncaki Box Office Amerika Utara, X-Men, Apocalypse

Film "Doctor Strange" Puncaki Box Office Amerika Utara

Potongan poster film "Doctor Strange" (2016) dari Disney dan Marvel. (Wikimedia Commons)

Los Angeles (Antara Kalteng) - Film "Doctor Strange"dari Disney dan Marvel menempati peringkat satu tangga film mingguan box office Amerika Utara selama akhir pekan, diikuti film animasi "Trolls" dan film "Hacksaw Ridge" garapan Mel Gibson.

"Doctor Strange" menurut perkiraan mengumpulkan 85 juta dolar AS dari 3.882 bioskop di Amerika Serikat dan Kanada selama akhir pekan ini menurut comScore. 

Film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan Rachel McAdams itu meraup hasil lebih banyak ketimbang film pahlawan super Marvel lainnya. 

Pendapatannya 48,5 persen di atas perolehan awal "Ant-Man" (57,2 juta dolar AS) dan 29,2 persen lebih banyak dari pendapatan perdana "X-Men: Apocalypse" (65,8 juta dolar AS).

"Doctor Strange" mendapat rating "A" dari penonton malam pertamanya di CinemaScore, dan 90 persen ulasan positif dari para kritikus di RottenTomatoes.

"Ulasan-ulasan yang bagus, dapukan pemain yang luar biasa dan penggunakan pencitraan 3D sempurna telah menarik banyak penonton," kata Paul Dergarabedian, analis industri film di comScore.

Di pasar internasional, "Doctor Strange" diperkirakan meraup 118,7 juta dolar AS dari 53 pasar selama akhir pekan, naik 38 persen dibanding akhir pekan sebelumnya. 

Pendapatan kotor film itu total 240,4 juta dolar AS di Amerika Utara, menambah total pendapatan globalnya menjadi 325,4 juta dolar AS.

Sementara film Fox dan DreamWorks "Trolls" menempati peringkat kedua pada akhir pekan penayangan perdananya. 

Film musikal keluarga yang dibintangi oleh Justine Timberlake dan Anna Kendrick itu mengumpulkan 45,6 juta dolar AS selama akhir pekan, melampaui hasil 44,2 juta dolar AS dari "The Peanuts Movie" pada periode yang sama tahun lalu.

"Hacksaw Ridge" dari Lionsgate ada di peringkat ketiga dengan perkiraan pendapatan 14,7 juta dolar AS selama tiga hari akhir pekan dari 2.886 bioskop. 

Drama Perang Dunia II yang disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield itu mendapat 87 persen ulasan positif di RottenTomatoes dan nilai "A" dari penonton.

Penghuni posisi lima teratas box office Amerika Utara lainnya adalah "Tyler Perry's Boo! A Madea Halloween" (7,8 juta dolar AS), dan "Inferno" (6,3 juta dolar AS) menurut warta kantor berita Xinhua. 

"The Accountant" dan "Jack Reacher: Never Go Back" menempati peringkat keenam dan ketujuh dengan hasil berturut-turut enam juta dolar AS dan 5,6 juta dolar AS.