Benahi Pengarsipan, Pemkab Lamandau Gunakan Aplikasi 'siMAYA'

id Simaya, lamandau, OPD, Benahi Pengarsipan, Pemkab Lamandau Gunakan Aplikasi Simaya

Benahi Pengarsipan, Pemkab Lamandau Gunakan Aplikasi 'siMAYA'

Sosialisasi dan Pelatihan aplikasi perkantoran berbasis awan (siMAYA) di aula kantor Setda Lamandau. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamandau dalam waktu dekat akan menggunakan sistem aplikasi adminstrasi perkantoran maya (Simaya) sebagai upaya membenahi pendistribusian dan pengarsipan surat-surat.

Aplikasi ini juga bertujuan meningkatkan kinerja dan mengefisiensikan mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Lamandau, Charles Rakam Mamud saat mensosialisasikan sekaligus pelatihan Simaya di Nanga Bulik, Selasa.

"Dengan pemanfaatan Simaya ini, pengiriman dan pengecekan sudah sampai sejauh mana proses surat tersebut dapat dilakukan setiap saat tanpa harus mendatangi langsung instansi yang menjadi tujuan pengiriman surat," tambahnya.

Selain membantu kinerja, Simaya ini juga merupakan tindak lanjut surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 5 tahun 2013 tentang penggunaan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada instansi pemerintahan.

Charles mengatakan KemenPAN-RB telah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengembangkan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi.

"Hasil kerjasama itu adalah Simaya ini. Nantinya semua Pemerintah Daerah di Indonesia akan menggunakannya. Kita di Kabupaten Lamandau sedang berupaya mengenalkan sekaligus mempelajari aplikasi tersebut agar nantinya bisa dipergunakan," tambahnya.

Kepala Diskomifo Kabupaten Lamandau ini mengatakan hal ini lah yang mendasari dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan siMAYA. Dengan harapan kegiatan ini semua SOPD di lingkungan Pemkab Lamandau sudah mengenal dan bersiap untuk mempergunakannya.

"Sosialisasi dan pelatihan Simaya ini juga tidak lain adalah untuk meningkatkan efektifitas kerja, terutama menyangkut pendistribusian serta menghindari tercecer atau hilangnya surat," demikian Charles.