Mantap! Listrik Gunung Timang akan Nyala 24 Jam

id Camat Gunung Timang, Syahmiludin A Surapati, Listrik

Mantap! Listrik Gunung Timang akan Nyala 24 Jam

Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama pihak PLN Rayon Muara Teweh usai melaksanakan peresmian listrik di lima desa di Kecamatan Gunung Timang, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - PT PLN Persero Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah berencana mengoperasikan listrik di sejumlah desa pada Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalteng menyala selama 24 jam pada bulan Desember 2017, dari sebelumnya hanya 14 jam.

"Saya telah melakukan pertemuan dengan manajemen PLN wilayah Kalselteng serta Manajer Area PLN Kuala Kapuas Moch Rochim dan mereka akan menyalakan listrik di Kecamatan Gunung Timang rencananya sebelum Natal akan nyala 24 jam," kata Camat Gunung Timang Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Senin.

Listrik di Kecamatan Gunung Timang kini masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kandui, sehingga masih belum maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun pihaknya tetap berupaya pada Desember nanti akan menyalakan selama 24 jam.

Menurut Syahmiludin, keinginan masyarakat ini untuk menikmati listrik 24 jam juga permintaan Bupati Barito Utara Nadalsyah agar pihak PLN mempercepat pemasangan jaringan listrik dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai.

"Pemerintah daerah terus memperjuangkan program listrik desa di Kecamatan Gunung Timang ini terkoneksi melalui PLTMG sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di kecamatan tersebut," kata Syahmiludin.

Sebelumnya pada 11 Oktober 2017 Bupati Barito Utara Nadalsyah meresmikan listrik desa di lima desa yakni Desa Baliti, Walur, Ketapang, Rarawa dan Malungai yang dipusatkan di Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang.

Sebanyak 183 rumah warga di lima desa tersebut kini sudah mendapat penerangan listrik desa dari PLTD PLN Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

"Alhamdulillah saat ini kita semua sudah dapat menikmati pembangunan tersebut, khususnya dibidang penerangan listrik desa yang kedepannya diharapkan dapat nyala 24 jam," kata Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah mengharapkan percepatan program pemasangan tiang listrik dan penyambungan jaringan PLN dari kilometer 33 Jalan Negara Muara Teweh - Banjarmasin ke Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang dengan jalur tersisa sekitar 16 kilometer. Kemudian percepatan pemasangan tiang dan jaringan PLN dari Desa Tapen Raya menuju Desa Kandui sepanjang 10 kilometer.

"Sebelum jaringan listrik ini nantinya tersambung ke sistem PLTMG, diharapkan operasional PLTD unit Kandui saat ini dioperasikan secara penuh atau 24 jam sebelum natal, karena selama ini listrik hanya nyala 14 jam yakni nyala pukul 16.00 WIB sampai jam 06.00 WIB, kecuali hari Minggu sampai pukul 12.00 WIB," ujar Nadalsyah.