Pastikan Dulu Hal Ini, Sebelum Buat Perut Jadi "Six Pack"?

id kesehatan, Six Pack, status gizi

Pastikan Dulu Hal Ini, Sebelum Buat Perut Jadi "Six Pack"?

Ilustrasi latihan Ilustrasi latihan. (pixabay)

Jakarta (Antara Kalteng) - Membentuk Perut "Six Pack" bak roti sobek bagi laki-laki atau perempuan sah-sah saja. Remaja sekalipun sebenarnya boleh-boleh saja membentuk otot-otot di tubuh semisal membuat perut menjadi six pack dan semacamnya.  

"Sebenarnya enggak ada batasan usia, yang penting latihannya sesuai dan untuk membentuk otot kan perlu makanan yang tinggi protein," ujar ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, DR.Ir. Diah M. Utari, MKes kepada ANTARA di Depok belum lama ini.  

Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya, yakni status gizi dan kondisi kesehatan. 

"Sebelum memulai pastikan dulu status gizinya baik. Jadi lihat dulu IMT nya sudah bagus apa belum, makanannya bagaimana sudah seimbang atau belum. Dia harus sehat. Kalau sakit, sementara untuk membentuk otot latihannya berat, itu yang tidak boleh," papar Diah. 

Para perempuan sekalipun, sambung dia, sebenarnya sah-sah saja jika ingin membuat perutnya bak roti sobek, asalkan status gizi dan kondisi kesehatannya bagus. 

"Perempuan tidak apa-apa kalau dia percaya diri dengan itu. Pada kondisi awal semua harus normal dulu. Olahraga berenang itu kan juga membuat otot-otot mengencang," kata dia.