Desa Pinang Tunggal BartimTerima Proyek Pembuatan Septic Tank

id pembuatan septic tank, proyek septic tank, barito timur

Desa Pinang Tunggal BartimTerima Proyek Pembuatan Septic Tank

Kades Pinang Tunggal, Karya turut serta mengawasi pekerjaan pembuatan septic tank di wilayah desanya saat dilakukan pemasangan perpipaan. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Desa Pinang Tunggal, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menerima proyek pembuatan septic tank yang dibiayai dari APBN sebesar Rp465 juta.

Kepala Desa Pinang Tunggal, Karya (45) ditemui dikediamannya, Kamis, mengatakan, proyek tersebut dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat setempat.

"Septic tank yang dibuat yakni berukuran 2 meter kali 12 meter sebanyak 5 buah. Satu septitank untuk lima  kepala keluarga atau rumah," kata Karya.

Karya menerangkan, proyek yang dilaksanakan Kelompok Swadaya Masyarakat Pinang Tunggal itu melibatkan warga setempat sebagai pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat setempat juga merasakan dampak positif lainnya. 

Tujuan pembuatan septic tank itu agar warga setempat tak lagi buang air besar (BAB) di jamban sungai.

Menurut Karya, selama ini warga terbiasa BAB di Sungai Karau. Dari segi kesehatan, hal tersebut dilarang karena bisa menyebabkan penyakit. 

Ketua KSM Pinang Tunggal, Yundelman (62) mengatakan, septic tank yang dibuat juga memiliki kedalaman hingga 4 meter. Untuk dinding dan lantai dilaksanakan dengan teknik cor dak dan ada empat sekat dinding sebagai filternya.

"Diinformasikan bahwa air yang keluar dari pembuangan septic tank sudah steril dan tidak menyebabkan penyakit," kata Yundelman.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan proyek septic tank tersebut juga dilaksanakan bertahap dengan metode 40:30:30. Untuk bahan, ia menyatakan disediakan pihak Dinas PUPR Bartim.