Karang Taruna Kotim bantu 43 anak dikhitan gratis

id Karang Taruna Kotim bantu puluhan anak khitan gratis,Karang Taruna,Abdul Hafid,Alang Arianto,Sunatan massal

Karang Taruna Kotim bantu 43 anak dikhitan gratis

Ketua Karang Taruna Kotim Alang Arianto dan Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid saat bakti sosial di Kecamatan Cempaga, Minggu (27/5/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bakti sosial Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, disambut antusias masyarakat setempat karena dinilai sangat bermanfaat.

"Ini merupakan bagian dari kegiatan sosial yang kami laksanakan. Karang Taruna sudah membuktikan karya nyata, bukan karya kata. Kami berharap ini bermanfaat bagi masyarakat," kata Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Cempaga, Minggu.

Kegiatan sosial kali ini dilaksanakan di Kecamatan Cempaga, berupa khitanan massal dan bantuan hibah Al Qur`an untuk masjid dan mushalla. Kegiatan ini bersamaan pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan Cempaga periode 2018-2023 yang diketuai Imam Trianto.

Sejak pagi, masyarakat sudah menunggu di aula kecamatan. Anak-anak yang menjadi peserta khitanan massal juga tampak bersemangat, meski sebagian lainnya terlihat gugup karena membayangkan alat kelamin mereka akan disunat atau dikhitan.

Berdasarkan data panitia, ada 43 anak yang dikhitan. Jumlah ini jauh lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya. Peserta berasal dari berbagai desa di Kecamatan Cempaga.

Pelaksanaan ini dinilai tepat karena saat ini sekolah sedang libur panjang bulan suci Ramadhan. Masyarakat sangat berterima kasih karena melalui bakti sosial Karang Taruna ini, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengkhitan anak mereka.

Bantuan hibah puluhan Al qur`an juga sangat bermanfaat bagi umat Islam di kecamatan tersebut. Apalagi saat ini bulan suci Ramadhan, Al qur`an sangat dibutuhkan untuk mendukung keinginan masyarakat meningkatkan ibadan dengan membaca ayat suci Al qur`an.

"Ini merupakan komitmen Karang Taruna dalam bidang kesejahteraan sosial membantu masyarakat. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami," kata Camat Cempaga, Sukarnedi.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid yang turut hadir, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatah sosial merupakan salah satu bidang yang dijalankan Karang Taruna untuk membantu masyarakat.

"Saya berharap kegiatan ini bisa menginisiasi Karang Taruna di kabupaten dan kota lainnya agar melakukan kegiatan serupa. Kegiatannya tidak hanya dilakukan di kota, tetapi hingga ke desa karena esensi kegiatan Karang Taruna itu sebenarnya adalah di desa," kata Hafid.

Dia berharap pemerintah daerah dan kalangan swasta turut mendukung Karang Taruna. Kegiatan yang dilakukan organisasi sosial ini tidak hanya melulu pada bidang olahraga, seni dan budaya, tetapi juga pada bidang lain seperti pendidikan, kesehatah, ekonomi kerakyatan dan lainnya.