Suka minuman bersoda? ini dampak buruknya

id soda,minuman,dampak,jantung,otak

Ilustrasi minuman bersoda (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Anda menyukai soda? Simak yuk dampak buruknya bagi tubuh terutama untuk jantung hingga otak.

Berat badan naik
Berdasarkan beberapa studi yang dilakukan pada hewan, para peneliti meyakini bahwa konsumsi soda mengantarkan rasa manis. Tubuh lalu dipicu menginginkan energi, yang berpotensi menyebabkan Anda makan berlebihan di kemudian hari. 

Risiko penyakit diabetes tipe 2
Studi pada 2009 memperlihatkan ada hubunan antara konsumsi soda dan munculnya penyaikit diabetes tipe 2. Orang yang mengonsumsi soda secara rutin berisiko 67 persen mengembangka penyakit diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak. 

Masalah jantung
Studi serupa pada 2009 memperlihatkan orang yang meminum soda rutin 34 persen lebih mungkin mengembangkan sindrom metabolik. 

Sejumlah gejala yang bisa menunjukkan masalah ini antara lain tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, kolesterol tinggi dan lemak perut berlebih--meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke, menurut Mayo Clinic. 


Masalah otak
Studi pada 2017 menemukan, orang yang minum soda setidaknya sekali dalam sehari berisiko dua kali menderita stroke dibandingkan mereka yang tidak meminumnya. 

Kendati memang, penelitian tersebut secara definitif tidak membuktikan bahwa diet soda menyebabkan Alzheimer - namun, yang menarik, hubungan serupa tidak ditemukan pada orang-orang yang meminum minuman manis lainnya. Demikian seperti diansir Time. 


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar