Terima hasil Pilkada Bartim dengan lapang dada, kata Wabup

id pilkada bartim,wabup bartim, suriansyah

Terima hasil Pilkada Bartim dengan lapang dada, kata Wabup

Warga RT 02 Tamiang Layang , Kecamatan Dusun Timur antusias melihat perhituangan suara oleh KPPS TPS 02 Tamiang Layang, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Suriansyah SKM meminta masyarakat menerima hasil hasil Pilkada Bartim, Rabu 27 Juni 2018 secara sabar, tawakal dan lapang dada.

"Masyarakat hendaknya bisa menerima dengan sabar, tawakal dan lapang dada," katanya di Tamiang Layang, Kamis. 

Menurutnya, yang terpilih dalam proses pilkada Bartim merupakan sosok pilihan rakyat dan terbaik untuk membangun Kabupaten Bartim secara umum.

"Jangan sampai karena Pilkada menjadi pemecah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pilihan boleh berbeda tetapi semangat persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa harus tetap terpelihara dan terjaga," terangnya. 

Suriansyah meminta masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan pilihan dengan rendah hati, toleransi dan saling memuliakan.

"Harus mendahulukan kepentingan nasional diatas kepentingan kelompok dan golongan," katanya lagi. 

Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam pemenangan di Pilkada Bartim untuk menjunjung tinggi sportifitas, persaudaraan, menjauhkan diri dari praktik politik kotor seperti menyebarkan berita bohong (hoax), ujaran kebencian, fitnah dan adu domba.

Kini peranan tokoh agama hingga tokoh masyarakat kiranya bisa terlibat langaung pasca Pilkada untuk membantu menciptakan suasana yang kondusif, aman, damai dan tenang.

"Hal ini untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas masyarakat secara umum bisa melaksanakan aktivitas dengan berpikir jernih, rasional dan tanpa ada tekanan, intimidasi maupun paksaan," pintanya

Sekda Kabupaten Bartim, Ir Eskop menerangkan, siapapuun yang terpilih dalam pilkada Bartim periode 2018-2023, itulah pilihan terbaik masyarakat Bartim.

Eskop juga mengharapkan tidak terjadi tindakan anarkis dalam proses pelaksanaan Pilkada. Apalagi hanya untuk kepentingan perorangan maupun kelompok.

"Jika ada permasalahan, lebih baik selesaikan melalui jalur hukum. Jangan bertindak anarkis, " tegasnya.

Saat pencoblosan, Eskop ikut menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos di TPS 3  Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur. 

Eskop datang ke TPS didampingi istri, Cheria Eni. Dengan menggunakan baju kemeja lengan panjang putih mencoblos dibilik suara. Usai mencoblos, Eskop dan isteri memasukkan surat suara ke kotak suara yang disediakan.

Kabupaten Bartim telah melaksanakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bartim yang diikuti tiga Paslon, yakni nomor urut 1 Pancani Gandrung - H Mukhtar Abdul Rahman (PAMUR),  Nomor urut 2 H Supriatna -  Yudha Nyampai (SURYA) dan nomor urut 3 yakni Ampera AY Mebas - Said Abdul Saleh (AMAS).

Hasil hitungan cepat Pilkada Bartim berdasarkan C1 KWK, paslon Amas memperoleh suara terbanyak dengan hasil 24.824 suara atau 43,12 persen. Diurutan kedua ada paslon Surya dengan perolehan suara 20.059 suara atau 34,84 persen. Sedangkan paslon Pamur memperoleh 12.692 suara atau 22,04 persen.