Pemkab Bartim pertemukan warga dengan PT KSL

id ir eskop, plh bupat bartim, sekda bartim, PT KSL

Pemkab Bartim pertemukan warga dengan PT KSL

Plh Bupati Bartim, Ir Eskop MAP. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah akan memfasilitasi warga Kecamatan Awang dan Patangkep Tutui untuk bertemu dengan PT Ketapang Subur Lestasi (KSL) anak perusahaan Ciliandry Anky Abadi (CAA) dalam waktu dekat.

Plh Bupati Bartim, Ir Eskop kepada Antara Kalteng mengatakan, masyarakat areal perusahaan beroperasi telah  melaporkan permasalahan di lapangan.

"Maka segera akan kita panggil pihak perusahaan dan masyarakat, dimana Pemerintah Kabupaten Bartim sebagai fasilitator pertemuan tersebut," kata Eskop di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bartim hanya mendapat informasi bahwa konsesi PT Sendabi Indah Lestari (SIl) dengan komoditas karet telah berpindah tangan ke PT KSL, dimana saat ini pohon karet tersebut dilakukan land clearing (pembersihan lahan) dan diinformasikan telah ditanami sawit.

Ia menilai, perpindahan tangan usaha itu atau take over perlu dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Bartim. Namun hingga saat ini tidak ada pelaporan secara resmi.

Eskop menilai, perpindahan komoditas tanaman kebun dari pohon karet menjadi sawit haruslah memiliki perizinan baru, terutama izin lingkungan dan juga Analisa Mengenal Dampak Lingkungan (Amdal).

Jika belum memiliki Amdal, Eskop meminta pihak perusahaan menghentikan aktivitas dilapangan untuk sementara waktu.

"Kita sudah meminta asisten untuk menjadwalkan pertemuan tersebut," tutu Eskop.