Kimi Raikkonen tempati start terdepan di GP Italia

id kimi raikkonen, gp italia,formula 1

Pebalap F-1 Ferrari Kimi Raikkonen. (REUTERS/Ralph Orlowski)

Monza (Antaranews Kalteng) - Kimi Raikkonen membawa Ferrari menempati posisi start terdepan di balapan yang menjadi kandang mereka, Grand Prix Italia, dengan mencatatkan waktu tercepat di Formula 1 pada Sabtu.

Rekan setimnya Sebastian Vettel mencatatkan waktu tercepat urutan kedua untuk melengkapi sapu bersih baris terdepan untuk balapan Minggu, di mana pemuncak klasemen Lewis Hamilton menduduki posisi start ketiga untuk Mercedes.

Catatan waktu mengejutkan yang diukir Raikkonen adalah satu menit 19,119 detik, pada kecepatan rata-rata 263,587 kilometer/jam, memecahkan rekor sebelumnya yakni 1:19,525 yang ditorehkan pebalap Kolombia Juan Pablo Montoya untuk Williams di Monza pada 2004.

"Saya tidak dapat memikirkan tempat yang lebih baik lagi dibanding posisi start terdepan," kata Raikkonen.

Ini merupakan "pole position" pertama bagi pebalap Finlandia itu sejak Monaco tahun lalu, yang ke-18 kali sepanjang kariernya, dan yang pertama kalinya untuk Ferrari di Monza sejak 2010.

Pebalap 38 tahun itu, yang terakhir kali memenangi balapan bersama Lotus pada 2013, juga menjadi penghuni "pole position" tertua sejak pebalap Britania Nigel Mansell pada 1994.

Terakhir kali Ferrari mengunci barisan start terdepan di Monza adalah pada 2000, ketika Michael Schumacher dan pebalap Brazil Rubens Barrichello menghuni posisi pertama dan kedua di grid.

Vettel, yang tertinggal 17 poin dari Hamilton dengan delapan balapan tersisa, berpikir ia telah mengamankan pole position dan berkata "Yes!" saat melintasi garis, namun ia segera diberitahu bahwa dirinya berada di posisi kedua, di bawah rekan setimnya.

"Kita bicarakan hal ini nanti," ucapnya.

"Jelas saya tidak senang namun saya tidak memberi tahu Anda mengapa," jelas pria Jerman itu ketika ditanyai para pewarta apa yang ia rencanakan untuk didiskusikan.

"Sejujurnya itu bukan lap yang rapi dan menurut saya lap-lap yang lain sebenarnya lebih baik," kata Vettel. "Saya kehilangan banyak waktu di mana-mana."

"Itu bukan lap yang bagus dan tidak cukup bagus. (Saya) beruntung bisa berada di posisi kedua dan bukan ketiga, namun itu tidak cukup bagus."

Hamilton, yang dicemooh sejumlah penggemar Ferrari, memberi selamat kepada Raikkonen.

"Kami tahu mereka cepat pada akhir pekan ini dan akan perlu sesuatu yang istimewa untuk mengejar mereka. Secara umum inilah selisihnya sepanjang akhir pekan. Mengagumkan untuk melihat betapa sengitnya ini dan bagaimana semestinya nanti balapan itu berlangsung," kata pria Britania tersebut.

Reuter/H-RF

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar