Benarkah madu bisa atasi sulit tidur?

id Madu,sulit tidur,terbangun di tengah malam,insomnia

Benarkah madu bisa atasi sulit tidur?

Ilustrasi - Tidur (pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Terkadang ada sebagian dari kita yang kerap terbangun tiba-tiba di malam hari, lalu sulit kembali memejamkan mata, padahal besok pagi harus menghadiri pertemuan penting. 

Agar tak mengalaminya, konsumsi madu bisa menjadi pilihan, menurut ahli psikologi sekaligus dokter tidur asal Amerika, Dr. Michael Breus PhD. 

"Susah tidur kembali (di malam hari), bisa karena berbagai penyebab salah satunya karena ada masalah dengan gula darah. Minum 1 sendok teh madu murni 30 menit sebelum tidur, bisa membuat gula darah stabil selama kita tidur," ujar dia di Jakarta, Selasa. 

Selain karena gula darah, penyebab paling umum terbangun di tengah malam adalah kebutuhan mendesak seperti buang air kecil atau bahkan sleep apnea yang melibatkan gangguan pernapasan berulang. 

Kalaupun terlanjur terbangun, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar bisa kembali tidur antara lain mematikan lampu, menjauhkan ponsel, atau meditasi. 

"Masalah utama tidur adalah susah tidur dan tidur dalam kondisi baik. Susah tidur karena kesulitan menonaktifkan otak. Banyak metode yang biasanya orang lakukan untuk membantu mengatasi masalah ini, misalnya berdoa, menjauhkan ponsel,"  tutur Breus.