Hindari perut kembung dengan makanan ini

id Mentimun,perut kembung,atasi,pisang,mint,makanan

Ilustrasi mentimun (pixabay.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami perut kembung. Beberapa penyebabnya bisa saja asupan garam yang berlebihan, makan berlebihan, mengonsumsi makanan pedas berlebihan atau mengkonsumsi minuman berkarbonasi. 

Di samping itu, ada juga beberapa jenis makanan yang menyebabkan kembung pada beberapa orang, seperti produk susu, kacang-kacangan, pemanis buatan, kubis dan brokoli. 

Anda bisa saja mengatasi kondisi tak nyaman ini dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, selain obat, ternyata ada sejumlah makanan hijau yang efektif untuk menghindari perut kembung, di antaranya:  

1. Seledri
Batang seledri yang renyah diketahui bisa mengontrol gas di usus. Unsur kimia dalam sayuran ini mengurangi retensi cairan. Selain itu, seledri memiliki sifat detoksifikasi , yang membantu menghalau racun dari tubuh .

2. Mint
Mint merupakan daun yang ramah untuk perut dan memiliki banyak manfaat. Banyak obat-obatan yang diperuntukan untuk masalah perut diketahui mengandung mint di dalamnya. 

3. Kacang-kacangan dan lentil
Dalam keadaan kering, kacang-kacangan dan lentil bisa menyebabkan kembung. Namun, dalam keadaan sebaliknya, Anda justru mendapatkan manfaat darinya, yakni membantu menghindari kembung. 

4. Mentimun
 Mentimun diketahui mengandung antioksidan flavonoid yang membantu mengontrol kembung dalam perut. 

5. Asparagus 
Asparagus merupakan superfood anti-kembung. Makanan ini juga dapat membantu mengatasi kelebihan air dalam tubuh dengan membuangnya melalui urine sehingga menghilangkan segala bentuk ketidaknyamanan karena kembung. 

6. Pisang 
Buah ini merupakan sumber yang kaya kalium. Pisang dapat mencegah retensi air dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh . Selain itu, pisang merupakan sumber serat yang akan membantu mencegah sembelit dan masalah perut yang berhubungan dengan penyakit.

7. Adas 
Masyarakat India mengkonsumsi adas setelah makan. Adas dapat membantu dalam proses pencernaan, mengurangi kejang gastrointestinal, melancarkan pembuangan gas serta mengendalikan kembung. 

8. Yogurt 
Penuh bakteri baik, yogurt adalah makanan ajaib bagi perut; demikian dilansir Boldsky.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar