Wabup Gumas: Perempuan mampu jadi motor penggerak dan perubahan

id Wabup Gumas Rony Karlos,Perempuan mampu jadi motor penggerak dan perubahan,peringatan Hari Ibu ke-90,GPU Tampung Penyang kuala kurun

Wabup Gumas: Perempuan mampu jadi motor penggerak dan perubahan

(kiri-kanan) Sekda Gumas Yansiterson, Wakil Bupati Gumas Rony Karlos, Ketua GOW Kabupaten Gumas Hera Maretina, Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Apristini Arton S Dohong, dan Ketua DWP Kabupaten Gumas Arnise Darit saat pemotongan tumpeng pada Peringatan Hari Ibu di GPU Tampung Penyang, Selasa (15/1/2019). (Foto Diskominfo Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rony Karlos mengingatkan kaum perempuan agar menyadari dan memahami bahwa mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. 

"Prinsip kesetaraan mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggungjawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki, mulai dari lingkup keluarga, masyarakat, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki adalah sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional," kata Rony Karlos usai peringatan Hari Ibu ke-90 di GPU Tampung Penyang di Kuala Kurun, Selasa (15/1/19).

Rony mengatakan, peringatan hari ibu dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. Ini juga memberikan keyakinan yang besar bahwa apabila diberi peluang dan kesempatan, perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada.

Bahkan saat ini terbukti perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, perempuan harus menyadari dan memahami bahwa mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki.

Dia pun berharap Peringatan Hari Ibu dapat mendorong terciptanya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan. “Perempuan harus mampu meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gumas, Hera Maretina mengatakan, dalam menyambut peringatan hari ibu, GOW telah melaksanakan rangkaian kegiatan. Diantaranya bakti sosial kunjungan ke rumah lanjut usia yang tidak mampu, serta puncaknya pada hari ini yakni mengadakan seminar serta bazar.

"Kaum perempuan harus dapat meningkatkan peran dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan," demikian Hera Maretina.