Jumlah pelanggan Apple Music saingi Spotify

id Apple Music, Spotify,Jumlah pelanggan Apple Music saingi Spotify

Jumlah pelanggan Apple Music saingi Spotify

Apple Music. (apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Pelanggan berbayar layanan konten musik Apple Music sudah melampaui jumlah pelanggan berbayar layanan serupa milik Spotify, demikian laporan Reuters.

Apple Music memiliki 28 juta pengguna pada akhir Februari 2019, sebut sumber anonim Reuters. Sedangkan Spotify memiliki 26 juta pelanggan berbayar.

Jika dibedah lebih jauh, pelanggan Spotify di Amerika Serikat lebih banyak dibandingkan Apple Music karena Spotify menyediakan layanan gratis yang diselipi iklan dan memiliki fitur lebih sedikit dibandingkan versi berbayar.

Spotify dan Apple Music sama-sama memiliki biaya berlangganan sebesar 9,99 dolar per bulan.

Namun, Apple dan Spotify tidak memberikan komentar atas temuan data itu.

The Wall Street Journal juga pernah melaporkan Apple mengungguli Spotify berdasarkan jumlah data pelanggan.

Layanan mendengarkan musik secara langsung melalui Internet itu merupakan salah satu cara Apple untuk menghasilkan uang demi menutup penjualan iPhone yang lambat.

Apple pada Maret 2019 menambah layanan berlangganan baru antara lain berita, televisi, gim, serta kartu kredit yang bermitra dengan Goldman Sachs Group Inc.

Spotify memiliki total 96 juta pelanggan untuk versi premium dan 207 pengguna aktif bulanan, menurut laporan terbaru perusahaan asal Swedia itu pada Februari.

Jumlah pelanggan Spotify itu terdiri dari 28,8 juta pelanggan premium dan 62,1 juta pengguna aktif bulanan berada di Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan sekitar 67 juta pelanggan lain premium Spotify berasal dari luar Amerika Utara.

Di sisi lain, Apple jarang memperbarui data mereka. Laporan terakhir pada Mei 2018 menunjukkan jumlah pelanggan Apple Music mencapai 50 juta pelanggan.