DPRD Kotim ingatkan Jokowi serius lakukan pemerataan pembangunan

id dprd kabupaten kotawaringin timur,dprd kotim,wakil ketua dprd kotim,menagih janji jokowi,supriadi

DPRD Kotim ingatkan Jokowi serius lakukan pemerataan pembangunan

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww)

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur H Supriadi mengingatkan sekaligus meminta calon presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih serius melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok negeri, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pembangunan hendaknya juga berkeadilan, dan tidak terpusat di wilayah pulau Jawa saja karena Kalimatan dan pulau lainnya juga bagian dari negeri ini," kata Supriadi di Sampit, Sabtu.

Menurut dia, Dengan berkeadilan diharapkan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat banyak. Pemerintaha Jokowi juga harus mengesampingkan seluruh kepentingan kelompok dan golongan dalam membangun negara ini.

Supriadi mengatakan pembangunan di Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalteng masih butuh perhatian serius pemerintah pusat. Utamanya dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Letak geografis Kalimantan Tengah sangat unik, terdiri dari sungai, bukit, rawa serta lahan gambut, sehingga pembangunannya butuh biaya besar dan tidak akan mampu jika hanya ditangani oleh pemerintah provinsi dan daerah saja, namun perlu adanya uluran tangah pemerintah pusat.

Masyarakat Kalimantan Tengah pada intinya tidak banyak menuntut, harus ada jalan tol, atau jalur kereta api, namun masyarakat ingin tersambungnya jalan darat tersedia dan nyaman dilalui.

Baca juga: Gubernur Kalteng berharap Jokowi putuskan pemindahan Ibu Kota RI

"Wajar jika kami di Kalimantan ini menuntut adanya perhatian serius pemerintah pusat dengan pemerataan pembangunan yang berkeadilan karena selama ini potensi sumber kekayaan kita dikeruk habis oleh pemerintah pusat," ucapnya.

Supriadi juga meminta pemerintahan Jokowi tidak hanya memberikan janji terhadap rakyat Kalimantan Tengah, yakni terkait rencana pemindahan ibu kota pemerintahan RI.

Dengan merealisasikan pemindahan ibu kota RI ke Kalteng diharapkan dapat mempercepat pembangunan di daerah tersebut, baik itu pembangunan infrastruktur maupun ekonomi.

"Saua berharap Jokowi-Ma'ruf Amin secepatnya melakukan rekonsiliasi nasional hingga keseluruh lapisan untuk kabaikan dan menciptakan situasi serta kondisi bangsa yang aman," kata Supriadi.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Kotawaringin Timur, Joni Abdi berharap Jokowi - Ma'ruf Amin merealisasikan janji kampayenya.

"Janji saat kampanye harus direalisasikan karena janji itulah masyarakat memilih Jokowi - Ma'ruf Amin. Kami juga minta Jokowi menstabilkan harga pangan, leboh tegas terhadap koruptor dan tidak tebang pilih serta perang total memerangi peredaran narkoba," demikian Joni. 

Baca juga: Semoga Jokowi semakin memperhatikan Palangka Raya, kata Wali Kota