Turunkan kolesterol dengan konsumsi sayur-sayur ini

id Turunkan kolesterol, Turunkan kolesterol dengan konsumsi sayur-sayur ini,tomat,bawang putih,bayam,terong

Turunkan kolesterol dengan konsumsi sayur-sayur ini

Petani memperlihatkan terong yang rusak karena serangan hama ulat di area persawahan Desa Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur, Senin (24/6/2019). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.

Jakarta (ANTARA) - Kolesterol bukan hal buruk karena dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan baik. Namun kolesterol yang terlalu tinggi dapat berdampak sebaliknya, memicu penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Jika kolesterol Anda sudah kadung tinggi, coba lahap beragam sayuran penurun kolesterol seperti dikemukakan oleh dokter Allert Benedicto Ieuan Noya dari Alodokter.

Tomat

Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol karena mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif.

Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam berperan penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Terong

Terong bukan cuma berfungsi menurunkan kolesterol jahat, tapi meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Selain sayur, ada juga makanan lain yang bisa membantu menurunkan kolesterol, seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi dan ikan.