Palangka Raya siapkan Rp28 miliar untuk Masjid Kubah Kecubung

id masjid kubah kecubung,masjid palangka raya,kota palangka raya,Palangka Raya siapkan Rp28 miliar untuk Masjid Kubah Kecubung

Palangka Raya siapkan Rp28 miliar untuk Masjid Kubah Kecubung

Masjid Kubah Kecubung di Palangka Raya masih dalam tahap pembangunan. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya, Kalimantan Teng (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya mengalokasikan dana Rp28 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 untuk melanjutkan pembangunan Masjid Kubah Kecubung di Jalan RTA Milono.

"Pembangunan masjid dilaksanakan secara bertahap. Tahun depan kita ajukan penganggarannya senilai Rp28 miliar untuk melanjutkan pembangunannya," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, penyelesaian pembangunan masjid yang digadang-gadang sebagai masjid termegah di Palangka Raya tersebut akan disesuaikan dengan ketersediaan pendanaan pemerintah.

"Tahun ini kami alokasikan Rp28 miliar. Namun target dan komitmen saya, insya Allah selama saya menjabat akan sudah dapat digunakan masyarakat Palangka Raya," kata Fairid.

Baca juga: Pemkot danai kelanjutan pembangunan Masjid Kubah Kecubung

Pembangunan Masjid Kubah Kecubung menurut estimasi awal anggaran saat pencanangan tiang pertama tahun 2011 membutuhkan biaya sekitar Rp160 miliar.

Pembangunan masjid itu semula diperkirakan selesai tahun 2019 atau paling lambat 2020, namun penyelesaiannya lebih lambat dari perkiraan awal karena masalah ketersediaan dana.

Masjid itu dibangun di lahan seluas 3,6 hektare di Jalan RTA Milono KM 4,5. Luas bangunan masjid yang terletak di dekat Bundaran Burung itu 12.577 meter persegi, antara lain terdiri atas bangunan utama seluas 2.793 meter persegi dan selasar seluas 2.830 meter persegi.

Bangunan masjid yang dirancang bisa menampung 4.500 orang di dalam dan 3.800 orang di luar tersebut akan diperindah dengan ornamen batu alam Kalimantan Tengah.

Proyek pembangunan masjid dengan kubah-kubah ungu tersebut saat ini sampai pada penyelesaian pembuatan tiang, lantai, dan dinding kasar bagian luar.

Dana untuk pembangunan masjid di simpang jalan lintasan Palangka Raya-Banjarmasin itu selain bersumber APBD sebagian berasal dari sumbangan yang tak mengikat.

Baca juga: Pembangunan Masjid Kubah Kecubung Dianggarkan Rp20 Miliar

Baca juga: Panitia Pembangunan Masjid Dituding Serobot Lahan Warga

Baca juga: Warga Minta Penyelesaian Ganti Rugi Lahan