Barito Utara gelar pasukan menghadapi bencana alam

id gelar pasukan hadapi bencana,bupati barut nadalsyah,kapolres barut

Barito Utara gelar pasukan menghadapi bencana alam

Bupati Barito Utara Nadalsyah (kiri) didampingi Kapolres AKBP Dodo Hendro Kusuma dan pejabat lainnya cek sarana dan prasarana dalam rangka menghadapi kontigensi bencana alam di wilayah hukum Polres Barito Utara di Muara Teweh, Kamis (9/1/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Polres Barito Utara, Kalimantan Tengah  apel gelar pasukan dan peralatan Aman Nusa II–2020 dalam rangka menghadapi kontigensi bencana alam di daerah ini.

Gelar pasukan  ini dihadiri Bupati  Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda  Jainal Abidin dan pejabat lainnya di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Kamis.

"Kegiatan ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi, menyatukan tekad untuk saling bahu membahu serta pengecekan alat dan personel dalam rangka kesiapan menghadapi kontigensi bencana alam di wilayah hukum Polres Barito Utara," kata Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma pada apel tersebut.

Menurut dia, pada pengalaman tahun-tahun yang telah lalu, dampak dari adanya bencana alam di wilayah Kabupaten Barito Utara ini telah banyak menyebabkan kerugian yang tidak sedikit baik materiil maupun immaterial, kalau kita renungi bersama bahwa bencana terjadi akibat ulah manusia yang masih belum sadar terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga sangat merugikan baik jiwa, harta benda dan kerusakan lingkungan,

"Oleh karenanya Polri dalam hal ini Polres Barito Utara beserta jajaran, bekerja sama TNI, BNPB, Satpol PP, Damkar, Manggala Agni dan elemen lainnya melaksanakan giat operasi Aman Nusa II dalam upaya mencegah dan menangani bencana alam yang terjadi khususnya di daerah ini," kata dia.

Dodo juga mengharapkan, sinergitas ini menjadi kerja sama yang baik dalam menangani bencana alam, terlebih memasuki musim penghujan saat ini, Barito Utara sangat berpotensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor, maka sinergitas dari berbagai pihak diharapkan mampu menanggulangi baik sebelum maupun pasca bencana dan harapan saya tidak berhenti disini saja, tetapi kedepan bisa bekerja sama dan berlanjut.

Ia menambahkan dalam penanggulangan bencana, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat.

"Melalui apel ini saya menghimbau seluruh unsur yang hadir, baik pemerintah daerah, TNI, Polri dan swasta serta masyarakat agar lebih aktif secara bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi sebelum terjadinya bencana alam dengan cara memberikan himbauan-himbauan sesuai dengan bidangnya masing-masing," tegas dia.

Kapolres Barito Utara juga berpesan kepada kepada seluruh personel Satgas Aman Nusa II agar melaksanakan tugas dengan penuh ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi dan mengetahui tugasnya masing masing.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar