Honda dan Isuzu perkuat kemitraan pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen

id Honda dan Isuzu ,mobil berbahan bakar hidrogen,Honda dan Isuzu perkuat kemitraan pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen,Hidrogen

Honda dan Isuzu perkuat kemitraan pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melihat mobil hidrogen buatan Inggris yang didatangkan langsung oleh Duta Besar  Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik untuk dipamerkan di SMP Negeri 1 Surabaya, Kamis. (istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Honda dan Isuzu memperkuat kemitraan pengembangan kendaraan berbahan bakar sel (fuel cell vehicle/FCV) menggunakan hidrogen pada truk di kelas berat (heavy duty).

Kesepakatan itu akan berjalan selama dua tahun. Isuzu akan menguji sistem meneruskan tenaga ke mesin untuk menjalankan kendaraan (powertrain) sel bahan bakar Honda yang dirancang untuk mobil penumpang dan truk komersial Isuzu, kata perusahaan itu dilansir Reuters pada Rabu (15/1).

Kemitraan itu akan membuka pintu bagi kedua pabrikan untuk saling menggunakan teknologi di segmen kendaraan yang lebih luas, misalnya mobil listrik.

"Meskipun kami telah melakukan penelitian dan pengembangan yang luas ke dalam FCV penumpang, kami belum dapat mempelajari cara terbaik untuk menerapkan teknologi ini pada kendaraan komersial," kata juru bicara Honda.

Saat ini, banyak pabrikan otomotif mengembangan mobil listrik bertenaga baterai untuk solusi mobilitas masa depan. Namun, sebagian kalangan menilai bahwa bahan bakar hidrogen lebih pas digunakan untuk kendaraan niaga, seperti bus dan truk.

"Kemitraan ini akan memungkinkan kita untuk melakukan itu," kata dia.

Melalui teknologi fuel cell, kendaraan bisa menjelajah lebih jauh ketimbang mobil listrik. Mereka juga bisa mengisi bahan bakar lebih cepat ketimbang mengisi daya di stasiun pengisian listrik.

Isuzu dan Honda pernah bekerja sama pada 1990 untuk memproduksi kendaraan di Amerika Utara, demikian Reuters.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar