Calon haji Barito Utara periksa kesehatan

id calon haji barito utara,barut,periksa kesehatan,dinas kesehatan barut,haji barut

Calon haji  Barito Utara periksa kesehatan

Dinas Kesehatan Barito Utara melakukan pemeriksaan kesehatan calon haji Barito Utara di gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (4/2/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 115 calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah  melakukan pemeriksaan kesehatan tahap dua untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka. 

Pemeriksaan kesehatan calon haji yang diantaranya ada enam calon haji  berasal dari Depok, Jawa Barat yang dimutasi ke Kabupaten Barito Utara ini  dilaksanakan di gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara  Siswandoyo mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan calon haji Barito Utara tahap dua ini pada intinya  menjaga untuk sehat diharapkan dengan menjaga kesehatan, kebugaran ibadah kita terganggu saat melaksanakan ibadah.

"Kementerian Kesehatan RI menekankan untuk melakukan pemeriksaan beberapa kali. Dan nanti ada lagi pemeriksaan untuk tahap ketiga kalinya. Untuk tahap ketiga nanti akan ada pemberian vaksin menengitis terhadap jamaah,” kata Siswandoyo.

Dia mengatakan, vaksin meningitis ini wajib untuk semua calon jamaah haji. Selain itu nantinya ada juga dilaksanakan tes kebugaran.Agar para calon haji nantinya bsa menjaga kebugaran fisik saat melakukan ibadah.  

Pemeriksaan lanjutan ini guna melihat kondisi kesehatan para calon haji seperti hipertensi, gula darah dan kemungkinan penyakit lain. 

"Hal tersebut guna menjaga kesehatan calon haji agar nantinya dapat berangkat dalam kondisi prima agar dapat menjalankan rukun haji dengan baik," kata dia.

Sementara itu Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sampurna Murniaty mengatakan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu pemeriksaan penunjang (darahnya diperiksa calon haji dilaboratorium), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan diminsia.

"Pemeriksaan dimensia ini sangat penting kita laksanakan, karena para jamaah yang usia tua sering yang namanya lupa. Sedangkan untuk vaksin meningitis akan diberikan pada bulan Maret nanti," ucapnya.

Pada pemeriksaan kesehatan  calon haji Barito Utara ini, pemberi materi Kasi Survelan, Imunisasi dan Kesehatan Haji, Dinas Kesehatan Barito Utara,  Basirun.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar