Benarkah obesitas sebabkan gangguan menstruasi?

id menstruasi, obesitas,Benarkah obesitas sebabkan gangguan menstruasi?,datang bulan

Benarkah obesitas sebabkan gangguan menstruasi?

Ilustrasi - (Menstruasi)

Jakarta (ANTARA) - Obesitas bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh seseorang, salah satunya mengganggu masa haid untuk para kaum hawa.

“Karena ada hubungannya antara peningkatan berat badan luar biasa dengan gangguan menstruasi,” ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas di Rumah Sakit Pondok Indah, Kanadi Sumapraja, di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Benarkah kaum milenial rentan alami obesitas?

Lebih lanjut, dia menjelaskan, penumpukan lemak di tubuh meningkatkan daya kerja hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah yang berujung terganggunya pematangan sel telur.

“Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesuburan pada orang-orang mengalami gangguan menstruasi ditambah obesitas adalah mengurangi jaringan lemaknya,” kata Kanadi.

Cara lainnya agar kelenjar penghasil hormon insulin tak rusak, dokter bisa meresepkan obat untuk meningkatkan sensitivitas hormon sehingga daya kerjanya turun.

Baca juga: Lemak bisa sebabkan menstruasi tidak teratur

“Supaya jangan sampai kelenjar yang menghasilkan hormon insulin rusak karena dipaksa menghasilkan hormon insulin dengan kadar yang tinggi. Kita berikan obat-obatan yang bisa meningkatkan sensitivitas hormon insulin, sehingga hormon ini bisa diturunkan,” tutur Kanadi.

Selain itu, penting juga memperbaiki kondisi tubuh mereka dengan obesitas yakni memperbaiki asupan makanan dan aktivitasnya.

“Mencoba perbaiki kondisi tubuhnya, dengan mengurangi jaringan lemak dengan perbaiki asupan makanan dan aktivitasnya, sehingga ada keseimbangan antara kalori yang masuk dengan yang keluar,” pungkas Kanadi.

Dalam kesempatan berbeda, dokter spesialis obstetri dan ginekologi di RSU Bunda Jakarta, Cindy Rani Wirasti pernah mengatakan, lemak tubuh yang berlebihan atau kekurangan menyebabkan terganggunya pembentukan hormon yang berujung menstruasi tidak teratur.

Lemak, merupakan sumber pembentukan hormon. Bila asupannya tak seimbang, pembentukan hormon terganggu.

Cindy menyarankan para perempuan sebaiknya memiliki indeks massa tubuh normal yakni 19-23.

Baca juga: Fase-fase menstruasi dan penyebab datangnya nyeri haid

Baca juga: Makanan yang perlu dikonsumsi saat menstruasi

Baca juga: Bolehkah saat menstruasi mandi air hangat?