Aplikasi untuk permudah masa 'work from home'

id Bekerja dari rumah, work from home,Aplikasi untuk permudah masa 'work from home'

Aplikasi untuk permudah masa 'work from home'

Ilustrasi orang bekerja dari rumah. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mulai pertengahan Maret lalu mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan bekerja dari rumah, work from home, untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Beberapa perusahaan sudah melakukan kebijakan tersebut, untuk bidang-bidang yang memungkinkan bekerja dari jarak jauh. Bekerja dari rumah tentu berbeda dengan di kantor, mulai dari suasana, perlengkapan yang diperlukan untuk bekerja hingga tatap muka yang hilang untuk berkoordinasi dengan tim.

Berikut ini rangkuman beberapa aplikasi yang bisa dipasang di komputer, laptop atau ponsel untuk menunjang aktivitas selama WFH.

1. Microsoft Office 365
Perangkat lunak ini ibarat benda wajib yang harus ada di perangkat komputasi, terutama yang berbasis Windows, untuk pekerjaan sehari-hari. Microsoft Office 365 terdiri dari perangkat lunak untuk menulis Microsoft Word, membuat persentasi Powerpoint hingga tabulasi di Excel.

Microsoft menyediakan versi gratis dan berbayar untuk Office 365, perangkat lunak ini juga bisa dipasang di perangkat Android.

Baca juga: Microsoft Teams beri fitur-fitur baru tunjang "work from home"

Baca juga: Mayoritas warga "WFH", YouTube justru kurangi kualitas streaming


2. G Suite
Google menciptakan G Suite yang terdiri dari berbagai aplikasi untuk mempermudah bekerja dari jarak jauh. Google memasukkan perangkat untuk produktivitas dan kolaborasi berupa Docs, Sheets, Keep, Forms dan Sites dalam G Suite.

Sementara untuk penyimpanan, G Suite juga menyediakan Drive. Selain itu dalam perangkat ini juga tersedia perangkat untuk berkomunikasi yaitu Gmail, Calendar dan Hangouts.

G Suite menyediakan akun gratis untuk percobaan selama beberapa hari.

3. Slack
Aplikasi ini berbasis pesan instan, namun, dirancang untuk mendukung bekerja terutama dalam tim. Slack memiliki kanal-kanal obrolan yang biasa diatur berdasarkan topik.

Selain itu, platform Slack juga memiliki berbagai fitur untuk berbagi dokumen dan melihat produktivitas dalam bekerja.

4. Zoom
Aplikasi Zoom tengah populer bagi mereka yang bekerja atau belajar dari rumah. Lewat Zoom, pengguna bisa melakukan video conference, berkirim pesan teks hingga video.

Zoom juga ramah diakses lewat ponsel.

5. Cisco Webex Meetings
Aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan rapat dari jarak jauh. Pengguna bisa berbagi dokumen hingga melihat presentasi lewat platform ini.

Webex Meetings menyediakan fitur untuk merekam rapat yang sedang berlangsung sehingga rekan kerja yang tidak bisa mengikuti pertemuan virtual ini bisa mengetahui suasana dan hasil rapat.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar