Dandim tinjau rapid test massal di pasar Muara Teweh

id dandim 1013 muara teweh,letkol inf yusan riawan ,gugus tugas barito utara,rapid test pedagang,muara teweh

Dandim  tinjau rapid test massal di pasar Muara Teweh

Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan meninjau pelaksanaan rapid test di kawasan Pasar PBB Muara Teweh, Sabtu (30/5/2020).ANTARA/HO-Kodim 1013 Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Komandan Kodim 1013 Muara Teweh Letkol Inf. Yusan Riawan meninjau langsung kegiatan tes cepat atau rapid test pedagang pasar yang digelar gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di sejumlah pasar Muara Teweh, Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Sekda Barito Utara H Jainal Abidin, Wakapolres Barito Utara Kompol Masharsono, Plt Kadis Kesehatan Barito Utara  yang juga Jubir Gugus Tugas COVID-19 setempat H Siswandoyo, Camat Teweh Tengah H Mastur, anggota pengamanan baik dari Polres Barito Utara, Kodim 1013/Mtw, Satpol PP, Tim Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Tim Laboratorium Kesehatan Daerah setempat.

"Rapid test merupakan salah satu langkah tepat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan rapid test maka akan didapat kesimpulan awal,  kondisi COVID-19 di lapangan," kata Dandim.

Mengapa pedagang pasar,  kata dia, karena para pedagang sangat rentan, mengingat pekerjaannya yang menuntut interaksi terus menerus dengan warga lainnya. Bagaimanapun juga kuncinya disiplin diri dalam mematuhi protokol COVID-19.

"Untuk kelancaran pelaksanaan, Kodim siap membantu bersama Polres dan Satpol PP sesuai domain tugasnya," kata Yusan.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Barito Utara Siswandoyo mengatakan tes cepat ini dilakukan terhadap 276 orang pedagang di empat pasar di Muara Teweh hasilnya semua non reaktif.

Ratusan para pedagang  pasar tradisional   ini berasal dari Pasar PBB  sebanyak 75 orang, Pasar Pendopo  yang didaftar 75 namun yang datang hanya 74 orang, Pertokoan Barito Permai  daftar sebelumnya 25 orang  bertambah menjadi 27 orang dan Pasar Ipu sebanyak 100 orang.

"Alhamdulillah, hasil tes cepat yang dilakukan sebanyak 276 orang pedagang di Muara Teweh hari ini sejak pagi hingga siang semuanya non reaktif," kata dia.