Cara bersihkan keyboard komputer di rumah

id keyboard komputer,bersihkan keyboard,Cara bersihkan keyboard komputer di rumah

Cara bersihkan keyboard komputer di rumah

Ilustrasi keyboard komputer. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Setelah beberapa bulan belakangan sering bekerja dari rumah, pengguna mungkin semakin menyadari keyboard mereka perlu lebih sering dibersihkan demi menjaga kesehatan.

Para pekerja seringkali beraktivitas di depan komputer sambil makan kudapan sehingga ada remah-remah makanan yang tertinggal atau keyboard berminyak.

Sebelum membersihkan keyboard, pastikan tangan bersih dan perangkat dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke listrik. Berikut ini cara membersihkan keyboard, dikutip dari laman Cnet.

1. Hilangkan kotoran
Untuk menghilangkan kotoran yang besar, misalnya remah-remah makanan, pegang keyboard, atau laptop, dan balikkan selama beberapa detik agar kotoran jatuh.

Baca juga: Beberapa tayangan yang menginspirasi untuk mengisi waktu di rumah

Tepuk-tepuk bagian belakang keyboard atau guncang pelan supaya kotoran yang tersangkut jatuh.

2. Penghilang debu
Gunakan semprotan penghilang debu, compressed air, untuk mendorong debu yang lebih kecil. Semprot seluruh sisi tombol keyboard dengan compressed air, namun, jangan pernah masukkan udara ke dalam keyboard karena bisa merusak komponen.

3. Disinfektan
Beberapa studi menyatakan keyboard lebih kotor dari dudukan toilet sehingga perlu disinfektan untuk membersihkannya. Hindari menggunakan disinfektan yang mengandung pemutih.

Basahi lap bersih dengan disinfektan, atau alkohol, jangan terlalu banyak agar cairan tidak menetes ke dalam tombol keyboard. Setelah melap semua permukaan keyboard, balikkan perangkat selama beberapa detik agar cairan yang tertinggal bisa keluar.

Baca juga: Daftar aplikasi populer selama #dirumahaja

Tunggu sampai kering, kemudian sambungkan kembali keyboard ke perangkat.

4. Copot tombol
Jika mungkin, pengguna bisa mencopot tombol keyboard agar bagian dalam juga dibersihkan. Sebelum mencopot, pastikan untuk mencari tahu apakah perangkat yang digunakan memang bisa dilepas.

Setelah tombol lepas, bersihkan bagian dalam dengan cottonbud atau tusuk gigi. Sementara untuk tombol, rendam di ari sabun atau lap dengan disinfektan.

Pastikan tombol sudah benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Baca juga: Apakah WFH cocok untuk Anda? Begini cara mengetahuinya

Baca juga: Survei sebut kaum milenial kesulitan jalani WFH

Baca juga: Cara mudah tingkatkan produktivitas saat WFH