Apakah WFH cocok untuk Anda? Begini cara mengetahuinya

id WFH cocok untuk Anda,kerja dari rumah,Apakah WFH cocok untuk Anda? Begini cara mengetahuinya

Apakah WFH cocok untuk Anda? Begini cara mengetahuinya

Ilustrasi - Seorang pegawai sedang bekerja dari rumah. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Jakarta (ANTARA) - Sudah berapa lama Anda bekerja dari rumah alias work from home (WFH)? Dua bulan atau tiga bulan karena pandemi COVID-19 hingga akhirnya sebagian orang kembali bekerja dari kantor.

Banyak ahli masih memperdebatkan bagaimana dan sejauh mana para karyawan akan kembali bekerja di ruang kantor lama mereka setelah pandemi selesai dan semuanya kembali ke normal baru.

Untuk beberapa kantor, memperkerjakan karyawannya dari rumah bisa secara drastis mengurangi pengeluaran bahkan menghemat uang dan sumber daya. Tetapi sebagian lain kembali menerapkan bekerja dari kantor.

Baca juga: Dampak WFH, Zoom gandakan perkiraan pendapatan tahunan

Tetapi, mengenai WFH sendiri apakah cocok untuk Anda? Berikut tanda-tandanya seperti dilansir dari Medical Daily:

1. Anda siap menyesuaikan diri dengan aturan

Seiring WFH menjadi lebih umum, Anda justru menjadi orang yang paling sering menjadi Anda sendiri. Hal ini berarti Anda menyesuaikan diri dengan aturan baru, apakah itu mengikuti jadwal yang tidak jelas atau lebih komunikatif dengan tim atau kolega Anda.

Baca juga: Selalu ingin 'ngemil' saat WFH? Ini alasannya

Sebelum berkomitmen untuk bekerja dari rumah secara permanen, ada baiknya juga menyadari sisi buruk dari bekerja bersama di kantor, tempat Anda dapat melihat dan berbicara dengan semua orang secara pribadi. Dengan demikian, memiliki gambaran yang jelas tentang hal-hal hilang akan memberi Anda pandangan ke depan yang lebih baik untuk menemukan solusi yang mungkin menghadang Anda.

3. Anda mengerti betapa pentingnya koneksi profesional

Salah satu perubahan terbesar untuk bekerja dari rumah adalah Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk bertemu orang secara fisik di lingkungan profesional. Karena itu, membangun citra virtual Anda untuk membuat koneksi profesional diperlukan.

Baca juga: Survei sebut kaum milenial kesulitan jalani WFH

Baca juga: WFH dinilai berpotensi picu 'baby boom'

Baca juga: Cara mudah tingkatkan produktivitas saat WFH