KPU Barut minta petugas coklit tetap patuhi protokol kesehatan

id kpu barito utara,coklit,pilkada serentak 2020

KPU Barut minta petugas coklit tetap  patuhi protokol kesehatan

Petugas melakukan coklit Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra disaksikan Ketua KPU Barito Utara H Malik Muliawan di rumah jabatan wakil bupati setempat di Muara Teweh, Sabtu (18/7/2020)/ANTARA/HO-KPU Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - KPU Barito Utara meminta semua Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung atau door to door  dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada 2020 tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Sesuai petunjuk teknis, diupayakan agar PPDP dalam melaksanakan tugas dan fungsi coklitnya di luar rumah, atau di teras rumah terkecuali memang ada sesuatu hal harus masuk ke dalam rumah," kata Ketua KPU Barito Utara H Malik Muliawan di Muara Teweh, Sabtu. 

Menurut dia,dalam melaksanakan coklit agar menjaga jarak dan harus memakai masker.

“Berdasarkan arahan dari Ketua KPU RI bahwa PPDP  yang melaksanakan kegiatan coklit yang dimulai pada hari ini minimal memperoleh tiga rumah," katanya.

Sebelum melakukan coklit,  KPU Barito Utara melaksanakan apel kesiapan dalam melaksanakan coklit menemui pemilih secara langsung ke rumah-rumah, di halaman KPU setempat.

Malik mengatakan kegiatan apel kesiapan coklit ini berdasarkan surat edaran dari KPU RI tentang kegiatan pelaksanaan gerakan Coklit Serentak 2020. 

"Kegiatan coklit ini diharapkan ada media yang melakukan peliputan," ujar Malik.


Dia mengatakan bahwa secara formal kegiatan coklit ini dilaksanakan dengan meminta, para pejabat lingkup Pemkab Barito Utara dan tokoh masyarakat.

"Hari ini PPDP melaksanakan coklit di beberapa tempat pejabat di daerah ini, seperti Bupati Barito Utara, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda dan Ketua MUI. Kegiatan coklit ini kita laksanakan serentak di setiap kecamatan," kata dia.