Legislator Palangka Raya dukung pemkot terus perbaiki infrastruktur

id Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah,Hasan Busyairi,Kota Palangka Raya,Anggota DPRD Kota Palangka Raya,DPRD Kota Palangka Raya

Legislator Palangka Raya dukung pemkot terus perbaiki infrastruktur

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Hasan Busyairi. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi mengaku terus memantau dan memberikan dukungan kepada pemerintah setempat, agar semakin gencar melaksanakan perbaikan dan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah.

Dukungan tersebut diberikan karena program pembangunan infrastruktur yang digencarkan pemkot tersebut sudah semakin kelihatan hasilnya, kata Hasan Busyairi di Palangka Raya, Selasa.

"Kami di DPRD Kota Palangka Raya pun terus memberikan dukungan terhadap program pembangunan infrastruktur yang diajukan dan dikerjakan oleh Pemkot," tambahnya. 

Menurut Anggota DPRD Kota Palangka Raya itu, sejumlah infrastruktur yang mengalami penurunan fungsi, untuk tahun ini terus dilakukan perbaikan dan peningkatan. Misalnya seperti drainase yang berada di Jalan Rajawali dan Jalan Temanggung Tilung Kota Palangka Raya.

Dia mengatakan dua kawasan setempat yang setiap harinya menjadi langganan banjir apabila wilayah 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya diguyur hujan dengan intensitas tinggi, maka daerah tersebut tergenang air karena drainase tersebut mengalami penurunan fungsi.

Kemudian peningkatan sejumlah jalan di beberapa tempat juga dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Palangka Raya, karena usulan mereka juga sudah masuk pada tahun sebelumnya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

"Tak hanya jalan saja, tetapi beberapa fasilitas pendukung agar jalan bisa tetap terawat dengan baik harus diperhatikan pemerintah. Seperti drainase. Drainase diperlukan agar jalan yang dibangun tidak tergenang air dan tetap awet, juga berfungsi mengalirkan air agar tidak terjadi banjir. Harus dibangun secara kompleks," ujar Hasan.

Baca juga: Legislator apresiasi kinerja kepolisian dalam pemberantasan narkoba

Untuk proses pembangunan jalan dan drainase sendiri, Politisi Partai Golkar Kota Palangka Raya tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Tetapi dengan perencanaan yang tepat serta memperhatikan kualitas pembangunan, tentu jalan dan drainase yang dibangun akan sangat kuat. 

Fokus pembangunan infrastruktur jalan ini, memang sudah sangat penting. Apalagi Kota Palangka Raya ini merupakan Ibukota Provinsi Kalteng. Tidak layak rasanya, jika masih ada jalan yang tidak terawat dan belum memiliki akses yang memadai, terlebih pembangunannya selain bisa digunakan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota setempat juga bisa ditopang dengan bantuan dana APBD Provinsi Kalteng.

"Langkah pemerintah daerah dengan program perbaikan jalan dan drainase ini merupakan langkah yang besar demi kepentingan masyarakat. DPRD Kota Palangka Raya siap mendukung dan mengawasi jalannya pembangunan kota ini," demikian Hasan.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diimbau tingkatkan kewaspadaan cegah kebakaran

Baca juga: Legislator Palangka Raya kembali ingatkan BPBD waspadai bencana karhutla

Baca juga: Pasien rumah sakit sebaiknya dilakukan swab

Baca juga: Legislator Palangka Raya kutuk penganiayaan kepada petugas COVID-19

Baca juga: DPRD Banjarmasin menimba ilmu ke DPRD Palangka Raya