Sukseskan PEN melalui padat karya tanam mangrove di Sukamara

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, habib ismail bin yahya, padat karya mangrove, pantai luncu, sukamara, pen, pemulihan ekonomi nasional

Sukseskan PEN melalui padat karya tanam mangrove di Sukamara

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya (tengah) saat penanaman mangrove secara simbolis di Sungai Pinang, Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci, Minggu, (1/11/2020). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Salah satu program padat karya yang dilaksanakan di Kalimantan Tengah untuk mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yakni penanaman mangrove di Sungai Pinang, Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci.

Selain bermanfaat untuk lingkungan, seperti menjaga ekosistem, hingga mencegah abrasi, pada akhirnya diharapkan penanaman mangrove memberi manfaat jangka panjang bagi masyarakat dalam pembangunan ekonomi, kata Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya di Sukamara, Minggu.

"Melalui penanaman padat karya mangrove ini, kami harapkan bisa membantu mendukung aktivitas masyarakat, sehingga perekonomian di desa ini bisa terus berjalan," katanya.

Menurutnya pembinaan berkelanjutan oleh Dinas Lingkungan Hidup perlu dilakukan, guna mengoptimalkan keberadaan mangrove agar bisa memberikan manfaat secara ekonomi.

Mangrove yang memiliki nilai ekonomis diharapkan bisa benar-benar dioptimalkan oleh kelompok tani padat karya. Salah satunya dengan melakukan studi banding yang dapat dibantu kepala desa dan pihak lainnya, menuju daerah lain yang telah berhasil.

"Pemerintah kabupaten juga kami harapkan secara aktif memberikan berbagai pelatihan yang diperlukan masyarakat, guna mengoptimalkan berbagai potensi yang ada," jelasnya.

Adapun ragam potensi yang ia maksudkan tersebut khususnya di kawasan pesisir, seperti potensi wisata, perikanan, tambak dan lainnya yang bisa dikembangkan untuk menjadi penopang perekonomian.

Terus berinovasi dan bertindak secara kreatif dengan tetap terarah, sangat diperlukan untuk bisa memacu pertumbuhan ekonomi daerah, apalagi di masa pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukamara Ahmadi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan terlaksananya penanaman padat karya mangrove dan berharap bisa memberikan banyak manfaat.

Adapun pada penanaman mangrove tersebut, secara simbolis dilakukan Plt Gubernur Habib Ismail bersama Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, serta pihak terkait lainnya di wilayah setempat.