Legislator Gumas minta pokdakan tangkap peluang usaha

id Legislator Gumas,gunung mas,Legislator Gumas minta pokdakan tangkap peluang usaha

Legislator Gumas minta pokdakan tangkap peluang usaha

Legislator Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan mengapresiasi pemerintah kabupaten setempat yang telah menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan kepada kelompok  tujuh kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di daerah itu, selama tahun 2020 ini.

“Dengan adanya bantuan benih dan pakan ikan saya harap pokdakan dapat menangkap peluang usaha,” kata Rayaniatie saat dibincangi awak media di Kuala Kurun,” ucap Rayaniatie di Kuala Kurun, Kamis.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, peluang usaha penjualan ikan segar di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau sangat potensial dan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin menggeluti.

Baca juga: Legislator Gumas dukung penuh relokasi pedagang pasar subuh ke pasar resmi

Terlebih, ujar legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini, sebagian kebutuhan terhadap ikan segar di daerah itu masih didatangkan dari luar daerah.

Dia berharap pokdakan dapat membudidayakan benih ikan yang telah diterima, memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan bagi diri sendiri dan akan lebih baik jika bisa untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat sekitar.

“Saya harap bantuan bisa dibudidayakan. Jika sudah besar dan siap panen dijual ke masyarakat umum, hasil penjualan sebaiknya untuk membeli benih dan sebagian bisa ditabung,” papar Rayaniatie.

Sebelumnya, Pemkab Gumas melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan telah menyalurkan bantuan benih ikan kepada tujuh pokdakan yang tersebar di tujuh desa dan kelurahan yang ada di kabupaten setempat pada tahun 2020 ini.

Baca juga: UMKM di Gumas terima bantuan sarana produksi

Kepala DPKP Gumas Letus Guntur mengatakan, secara keseluruhan ada 49.250 bibit ikan dan 14.310 kilogram pakan yang sudah disalurkan kepada tujuh pokdakan tadi. Anggarannya berasal dari dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.

Pada tahun 2021 mendatang, sambung dia, rencananya DPKP Gumas akan kembali menyalurkan bantuan bibit dan benih ikan kepada 14 pokdakan yang tersebar di 14 desa/kelurahan di berbagai kecamatan.

Menurut dia, bantuan benih ikan dan pakan yang disalurkan kepada pokdakan merupakan upaya untuk mewujudkan program kerja unggulan Bupati dan Wakil Bupati Gumas, yakni Smart Agro dalam arti luas.

“Dengan adanya bantuan benih ikan dan pakan ini, diharap ketahanan pangan keluarga menjadi kuat. Jika ketahanan pangan keluarga kuat, maka pemerintah juga menjadi aman,” demikian Letus.

Baca juga: Belasan shelter Taman Kota Kuala Kurun siap disewakan

Baca juga: Bantuan benih ikan untuk tujuh pokdakan di Gumas

Baca juga: Pasar subuh Kuala Kurun akan direlokasi ke Pasar Karuhei Tatau

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar