Masyarakat Kalteng diajak dukung pembukaan akses baru Pulpis-Gumas

id DPRD Kalimantan Tengah,Anggota Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah,Ina Prayawati ,jalan akses baru Pulpis-Gumas

Masyarakat Kalteng diajak dukung pembukaan akses baru Pulpis-Gumas

Anggota DPRD Kalteng Ina Prayawati. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengajak seluruh lapisan masyarakat di provinsi setempat, agar mendukung dan ikut berperan dalam mewujudkan pembukaan akses baru jalan menghubungkan langsung Kabupaten Pulang Pisau ke Kabupaten Gunung Mas.

Pembukaan akses jalan baru yang diusulkan oleh Ketua DPRD Kalteng Wiyatno merupakan salah satu langkah memperpendek jarak tempuh dari Pulpis ke Gumas dan sebaliknya, kata Ina di Palangka Raya, Selasa.

""Bukan hanya memperpendek jarak tempuh, tapi juga berdampak besar terhadap sejumlah sektor, termasuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui sektor perekonomian," tambahnya.

Akses jalan baru itu dari Desa Gohong Kabupaten Pulang Pisau langsung menuju Desa Sigi Kabupaten Pulang Pisau arah ke Gunung Mas dengan panjang diperkirakan sekitar 70 kilometer. Smeentara jalan yang ada saat ini, jaraknya mencapai 150 kilometer karena harus melalui Kota Palangka Raya. Akses jalan baru ini pun tidak melintasi Sungai Kahayan.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya itu mengatakan, tanpa adanya pembukaan akses jalan baru yang lebih efisien dan mempersingkat waktu, secara otomatis perputaran perekonomian akan berjalan lambat.

"Pengangkutan hasil pertanian yang berasal dari Kabupaten Pulang Pisau ke Gunung Mas ataupun sebaliknya, sekarang ini harus melewati Kota Palangka Raya yang jaraknya mencapai 150 Kilometer. Sedangkan akses jalan baru itu hanya 73 km," ucap Ina.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng minta Pemerintah Pusat buka akses jalan baru Pulpis-Gumas

Anggota Komisi II DPRD Kalteng itu mengatakan dampak positif yang nantinya akan dirasakan oleh masyarakat dengan dibukanya akses jalan dari Pulpis menuju Gumas adalah penurunan harga kebutuhan pokok.

"Jadi, jika dilihat dari sudut pandang perekonomian, Komisi II sangat mendukung dengan usulan dari Ketua DPRD Kalteng agar pembangunan ruas jalan tersebut bisa terealisasi," demikian Ina.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno meminta bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, membuka akses jalan baru yang menghubungkan sekaligus memperpendek jarak Kabupaten Pulang Pisau dengan Kabupaten Gunung Mas.

Dia mengatakan permintaan itu  karena keterbatasan anggaran pemkab Pulang Pisau dan Pemprov Kalteng, maka kami mengharapkan Pemerintah Pusat melalui kementerian PUPR, dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional wilayah Kalteng agar segera menyusun desain dan menyediakan anggaran untuk membuka akses jalan baru tersebut.

"Saya berharap rencana itu sudah bisa direalisasikan paling lambat tahun 2022. Bagus lagi di APBN perubahan tahun 2021 dimulai pelaksanaannya," kata Wiyatno.

Baca juga: DPRD dukung raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

Baca juga: DPRD Kalteng berpeluang bentuk tim khusus terkait pemekaran provinsi