Daftar tempat liburan yang bisa dikunjungi secara virtual

id Liburan online,liburan virtual,imlek,Daftar tempat liburan yang bisa dikunjungi secara virtual

Daftar tempat liburan yang bisa dikunjungi secara virtual

Barongsai beraksi menghibur pengunjung dalam pertunjukan bertajuk "YinYang: Living in Harmony" di Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (10/2/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Libur panjang akhir pekan ini yang dimulai dengan perayaan Imlek diharapkan bisa dilewati masyarakat dengan berlibur dari rumah demi menekan potensi penambahan kasus infeksi virus corona.

Apalagi tren selama pandemi memperlihatkan adanya potensi kenaikan jumlah kasus setelah liburan panjang.

Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr. Ede Surya Darmawan berharap masyarakat dapat merayakan Hari Raya Imlek dan menahan diri untuk tidak berlibur saat libur panjang pekan ini, demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Adanya Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung hingga 22 Februari 2021 membuat sebagian tempat hiburan di Jakarta ditutup atau melayani pengunjung dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya.

Kendati demikian, ada tempat-tempat hiburan yang tetap menyediakan fitur wisata virtual untuk masyarakat yang ingin liburan tanpa harus keluar rumah.

Baca juga: Wisata virtual, tantangan baru turisme Indonesia

Baca juga: Kemenparekraf gelar tur virtual ke 10 desa wisata

Ancol Taman Impian yang jadi tempat andalan warga Jakarta untuk menikmati suasana pantai tetap dibuka mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Namun tiketnya hanya bisa dibeli secara daring di situs resminya.

Masyarakat yang memutuskan untuk menikmati suasana di Ancol secara virtual dapat mengakses tautan di laman resmi Ancol. Lewat kerjasama dengan 360 Indonesia, Ancol menyuguhkan rekreasi virtual interaktif, khususnya di SeaWorld. Diiringi musik ceria, pengunjung bisa mampir ke akuarium untuk melihat penyu, piranha dan ikan-ikan lain di dalamnya, pun terowongan Antasena yang membuat diri serasa berada di dalam laut.

Sementara itu, rekreasi Pasar Seni Ancol juga hadir secara daring dan menyediakan kelas-kelas virtual yang bisa diikuti dari rumah. Pekan ini ada kelas melukis untuk anak-anak, juga tayangan instangram live streaming bersama komunitas Bonsai yang berbagi ilmu tentang cara membuat bonsai untuk pemula.

Beberapa tempat di Taman Mini Indonesia Indah juga menawarkan aktivitas yang dapat dilakukan secara virtual, diantaranya jalan-jalan virtual dari Pusat Peragaan Iptek yang bisa diikuti rombongan minimal 20 orang. Ada juga jelajah museum virtual di Museum Listrik dan Energi Baru dengan narasumber bervariasi.

Tempat-tempat lainnya ditutup sementara selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, termasuk Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan yang selama ini berinteraksi dengan masyarakat lewat media sosial. Acara daring terbaru yang dibuat Ragunan adalah Instagram live untuk merayakan ulang tahun pertama Julang, anak jerapah yang lahir pada 28 Januari 2020.