Tips cari jodoh kala pandemi

id cari jodoh, Tips cari jodoh kala pandemi,pandemi,covid19,vaksin covid,vaksinasi

Tips cari jodoh kala pandemi

Aplikasi cari jodoh (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Mencari pasangan hidup bukanlah hal mudah, apalagi di masa pandemi, sebagian besar masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga jarang bertatap muka dengan orang baru.

Menurut survei global perusahaan akuntan publik dan konsultan Ernst & Young (EY), sebanyak 9.700 orang dewasa usia 18-67 tahun di seluruh dunia yang berprofesi manajer, hampir setengahnya (46 persen) bekerja 40 jam lebih sepekan dan 40 persen di antaranya mengaku jam kerjanya terus bertambah.

Apalagi di masa pandemi, walaupun secara global terjadi penurunan jam kerja 17,3 persen, namun tren bekerja di rumah turut membatasi ruang gerak untuk bertemu atau berkenalan dengan orang baru.

Namun dengan bantuan teman dan kemajuan teknologi, misalnya aplikasi, kalangan "jomblo" setidaknya memiliki beberapa opsi untuk menemukan teman hidup, berikut ulasannya menurut Dating.com, Senin:

Perbanyak pertemanan

Bagi kalangan yang sudah bekerja, memperbanyak pertemanan tidak hanya memperluas relasi bisnis, namun boleh saja dimanfaatkan sebagai ajang pencarian jodoh. Anda bisa mulai mengenal orang baru di lingkungan rumah, komunitas hobi, hingga lingkungan kantor.

Hampir sama seperti mencari jodoh, mencari teman pun gampang-gampang susah, terlebih jika Anda bekerja dan tidak punya banyak waktu untuk bersosialisasi.

Namun, Anda tidak perlu bingung mengawalinya, cobalah percaya diri dan membuka diri kepada lingkungan sekitar. Anda bisa mengawalinya dengan sikap ramah dan ceria, kemudian cobalah berkenalan dahulu dengan orang baru, bertegur sapa dan membuka obrolan ringan.

Hal sederhana itu bisa saja membuat Anda bertemu jodoh tanpa disangka-sangka.

Dijodohkan saudara atau sahabat

Jika Anda memiliki beberapa saudara atau teman yang terpercaya, tidak ada salahnya untuk bersikap terbuka, misalnya meminta dicarikan "kenalan baru" dengan harapan perkenalan itu akan membuka pintu ke hubungan yang lebih serius.

Kepada sahabat dan saudara yang Anda percaya, cobalah ceritakan kriteria pasangan yang Anda harapkan. Selain itu, Anda juga bisa lebih mengetahui profil atau asal-usul kenalan baru tersebut melalui sahabat atau saudara Anda.

Media sosial

Saat ini, hampir semua orang memiliki sosial media. Untuk itu, berkenalan di dunia maya bisa menjadi gerbang pembuka untuk menemukan sosok baru dalam hidup Anda.

Jejaring sosial akan mempertemukan Anda dengan orang baru, juga orang lama yang mungkin sudah hilang kontak dengan Anda, misalnya teman masa kecil, SMA hingga kuliah.

Melalui sosial media, Anda bisa melihat sekilas kehidupan orang tersebut, mulai dari hobi dan pekerjaannya. Jika sudah mengetahui sebagian informasi, jangan ragu memulai pembicaraan ringan dengan topik yang diminatinya.

Kemajuan teknologi telah memudahkan banyak orang untuk berbisnis, dan tidak jarang juga yang menemukan pasangan di internet melalui aplikasi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi online untuk menemukan teman baru sesuai kriteria yang diinginkan.

Salah satu aplikasi, Dating.com tersedia dalam versi website maupun aplikasi ponsel di Play Store dan App Store. Aplikasi itu dibuat untuk menemukan teman baru yang bisa berlanjut ke tahap pertemuan, dan jika cocok bisa menuju ke jenjang yang lebih serius.

Aplikasi itu diklaim mudah dan aman karena tim Dating.com mampu memoderasi perilaku tak pantas saat online dating. Mereka juga bisa mendeteksi pengguna dengan akun palsu karena seluruh profil diverifikasi melalui ID.