Dapil II Seruyan memerlukan bantuan bidang perikanan berkelanjutan

id Wakil Ketua II DPRD Seruyan, M Aswin, Kuala Pembuang, perikanan dapil II seruyan, kalteng, kalimantan tengah

Dapil II Seruyan memerlukan bantuan bidang perikanan berkelanjutan

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Aswin. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin mengharapkan pemerintah kabupaten terus memberikan bantuan sarana dan prasarana perikanan secara berkelanjutan kepada para nelayan.

"Khususnya yang ada di daerah pemilihan II meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk secara merata," kata Aswin di Kuala Pembuang, Jumat.

Hal ini didasari pengamatan tim reses dapil II yang menilai daerah tersebut merupakan wilayah dengan penghasil ikan cukup berlimpah, baik dari hasil tangkapan maupun budidaya masyarakat.

Untuk itu pihaknya terus mendorong pemerintah kabupaten agar membantu para nelayan ataupun kelompok budidaya ikan, dengan menyalurkan bantuan sarana pendukung yang dibutuhkan di lapangan.

Ia menjelaskan, jika sarana dan prasarana telah memadai, maka dibekali pengetahuan serta pengalaman para nelayan, pihaknya meyakini hal tersebut dapat meningkatkan hasil perikanan di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

Disampaikannya, saat ini para nelayan di wilayah dapil II tersebut sangat minim peralatan penunjang perikanan, sehingga perlu adanya bantuan dari Pemkab Seruyan.

“Bantuan yang diharapkan tersebut seperti mesin dan perahu, keramba ikan, bibit, pakan ikan, serta alat tangkap ikan," jelasnya.

Peralatan-peralatan tersebut, semuanya yang bisa dipergunakan untuk menunjang dan membantu aktivitas nelayan maupun para pembudidaya ikan.

Adanya potensi yang cukup berlimpah, membuat pemasaran pun tidak terlalu sulit di wilayah dapil II. Sasaran ke luar daerah seperti Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, bahkan hingga Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

“Pemasaran juga tergolong mudah, baik di pasaran lokal maupun luar daerah, sehingga sangat berpotensi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tinggal nanti bagaimana memaksimalkannya,” ungkapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar