Peringatan Hardiknas 2021 di Bartim diiringi vaksinasi PTK dan lansia

id Pemkab bartim, barito timur, hardiknas bartim, tamiang layang, vaksinasi covid 19, lansia, kalteng, kalimantan tengah

Peringatan Hardiknas 2021 di Bartim diiringi vaksinasi PTK dan lansia

Seorang lansia mengikuti proses pengecekan kesehatan untuk vaksinasi COVID-29 di acara Hardiknas tahun 2021 di Tamiang Layang, Senin (3/5). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Puluhan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan lanjut usia di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah disuntik vaksin COVID-19 tahap pertama bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

“Ini merupakan implementasi program vaksinasi tenaga pendidikan dan lanjut usia. Mereka mendapatkan vaksinasi tahap pertama,” kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, target vaksinasi PTK sebanyak 60 persen dan lanjut usia dengan usai 60 tahun ke atas sebanyak 40 persen dari total jumlah target vaksinasi 3.000 lebih. Vaksinasi akan dilaksanakan secara berkelanjutan

PTK yang divaksin seluruh tingkatan tenaga pendidik, yakni tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. PTK divaksin sesuai wilayah dengan mengunjungi Puskesmas terdekat.

Dicontohkan Ampera, PTK dan lanjut di wilayah Kecamatan Dusun Timur bisa mengikuti vaksinasi di Puskesmas Edison Desa Jaar, Puskesmas Tamiang Layang dan RSUD Tamiang Layang.

PTK dan Lanjut usia yang belum mengikuti vaksinasi diharapkan mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan dan menekan penyebaran COVID-19 melalui program vaksinasi secara masif.

Dijelaskan Ampera, dirinya bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tenaga kesehatan dan pelayanan publik sudah mengikuti vaksinasi dan tidak ada dampak negatif. Vaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap efek COVID-19.

“Target selesai vaksinasi atau vaksinasi tahap kedua PTK dan lanjut usia hingga Juni-Juli,” terangnya.

Setelah adanya vaksinasi PTK dan lanjut usia, kata dia, pemerintah akan mempertimbangkan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 atau tahun pendidikan 2021-2022.

Dijelaskan Ampera, untuk wilayah yang sudah zona hijau atau daerah desa yang tidak terdampak COVID-19 di wilayah Bartim bisa mengusulkan pembelajaran tatap muka dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

“Demikian juga bagi PTK dan lanjut usia yang sudah mengikuti vaksinasi tahap pertama, masih tetap mengutamakan protokol kesehatan,” jelas orang nomor satu di Pemkab Bartim itu.

Peringatan Hardiknas tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dan diikuti dengan vaksinasi PTK serta lanjut usia di Gedung Pertemuan Umum Mantawara di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar