Benarkah perbanyak langkah tiap hari dapat perpanjang usia?

id Langkah kaki,panjang umur,Benarkah perbanyak langkah tiap hari dapat perpanjang usia?

Benarkah perbanyak langkah tiap hari dapat perpanjang usia?

Ilustrasi langkah (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Penelitian terbaru menemukan bahwa mengambil lebih banyak langkah setiap hari dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Penemuan ini dipresentasikan dalam acara "Epidemiologi dan Pencegahan, Gaya Hidup dan Kesehatan Kardiometabolik" oleh Asosiasi Jantung Amerika. Temuan tersebut mengatakan bahwa orang yang mengambil lebih banyak langkah setiap hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah daripada mereka yang kurang aktif.

Manfaat kesehatan ditemukan pada orang-orang yang secara konsisten melakukan jalan kaki dibanding dengan yang hanya sesekali.

Bukti sebelumnya telah menemukan bahwa berjalan kaki memiliki berbagai efek kesehatan yang positif, mulai dari perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur yang lebih baik, dan peningkatan kesehatan mental.

Anda tidak perlu berkomitmen untuk berjalan jauh setiap hari demi meningkatkan kesehatan. Sebab berjalan beberapa langkah melalui aktivitas sehari-hari memiliki manfaat kesehatan yang sama.

"Jalan kaki adalah bentuk olahraga sedang yang termudah dan termurah. Selain sepatu suportif, tidak memerlukan peralatan khusus, dan Anda tidak perlu memaksakan diri berkeringat untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bahkan tidak memerlukan pakaian khusus," ujar Dr. Elizabeth Gardner, seorang spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Yale dan tim dokter di Yale Athletics dikutip Healthline pada Sabtu.

Berjalan mengurangi risiko kematian
Para peneliti mengevaluasi 16.732 wanita berusia 60 tahun ke atas yang mengenakan penghitung langkah di pinggang mereka antara tahun 2011 dan 2015.

Langkah setiap peserta dibagi menjadi dua kelompok, jalan yang lebih panjang yang berlangsung setidaknya 10 menit dan berjalan singkat, seperti naik tangga atau berjalan ke mobil.

Para peneliti kemudian menindaklanjuti penelitian ini selama enam tahun hingga tahun 2019. Peneliti mengidentifikasi penurunan 32 persen kematian di antara mereka yang mengambil setidaknya 2.000 langkah sehari.

Setiap peningkatan 1.000 langkah sehari dikaitkan dengan penurunan 28 persen terhadap kematian.

Manfaat kesehatan yang dicapai dari sekitar 4.500 langkah setiap hari, serupa di antara orang-orang yang berjalan dalam waktu singkat dan mereka yang berjalan lebih lama tanpa gangguan.

Berjalan dapat meningkatkan kesehatan
Menurut Dr. Jennifer Wong, seorang ahli jantung dan direktur medis kardiologi non-invasif di MemorialCare Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center, Fountain Valley, California, aktivitas fisik secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi dengan profil lipid yang ditingkatkan.

Jalan kaki juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Peningkatan langkah kecil juga memiliki dampak yang besar pada masalah kesehatan kardiovaskular.

Dalam jangka pendek, orang yang berjalan lebih banyak mengalami peningkatan komposisi tubuh dan kebugarannya. Dalam jangka panjang, lebih banyak langkah setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kematian.

Baca juga: Manfaat hingga waktu yang tepat bersepeda di tengah pandemi

Aktivitas fisik seperti berjalan juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan menghindari cedera saat jatuh.

"Jalan kaki juga merupakan latihan tubuh yang sangat baik. Ia menggunakan tidak hanya otot seluruh kaki, tetapi juga otot inti dan gluteus untuk stabilitas dan penggerak," kata Gardner.

Gardner mengatakan mengubah kecepatan Anda saat berjalan dapat menghasilkan lebih banyak manfaat kesehatan. Misalnya, berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat selama interval 30 detik kemudian melambat selama 30 detik dapat meningkatkan detak jantung Anda, yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Bukti menunjukkan bahwa lebih banyak berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur.

ResearchTrusted Source juga secara konsisten menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Penelitian lain menemukan bahwa berjalan, bahkan dengan santai, mengurangi gejala depresi dan meningkatkan emosi dan perasaan positif di antara orang dewasa yang lebih tua.

"Jalan kaki dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kualitas tidur, membantu membangun suasana hati, serta memperlambat penurunan mental," kata Wong.

Cara memperbanyak langkah
Melakukan lebih banyak aktivitas dalam keseharian memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan berjalan kaki lebih lama dan menurut penelitian hal ini lebih memungkinkan dilakukan oleh banyak orang.

Gardner mengatakan membuat perubahan kecil di keseharian Anda adalah cara terbaik untuk melangkah lebih jauh.

Wong merekomendasikan berjalan-jalan saat istirahat makan siang, membersihkan rumah, atau berjalan-jalan sambil menonton TV.

"Orang bisa mendapatkan lebih banyak langkah dengan naik tangga daripada lift atau parkir lebih jauh dan berjalan lebih jauh ke tujuan akhir mereka," kata Wong.

"Perubahan kecil ini tidak menuntut Anda untuk berkeringat, Anda tidak perlu mengganti pakaian saat kembali ke aktivitas normal sehari-hari," ujar Gardner melanjutkan.