Ini makanan dan minuman terbaik dikonsumsi saat sakit

id makanan sehat,makanan orang sakit,Ini makanan dan minuman terbaik dikonsumsi saat sakit

Ini makanan dan minuman terbaik dikonsumsi saat sakit

ilustrasi makanan sehat (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Sup ayam menjadi makanan klasik untuk penyakit pilek. Tetapi ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Ada sejumlah makanan lain yang dapat membantu Anda merasa lega dan bangkit kembali.

Berikut makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pilek atau demam Anda, seperti dikutip dari Insider, Kamis:

1. Makanan tinggi vitamin C, seng, magnesium dan kalsium
Dokter yang berfokus pada pengobatan alami, Fred Pescatore mengatakan, pada gejala awal pilek, Anda ingin memfokuskan pola makan Anda pada nutrisi yang akan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Di sini, vitamin dan mineral seperti vitamin C, zinc, magnesium dan kalsium adalah kuncinya.

Vitamin C dan zinc seng telah digunakan sebagai pengobatan pilek dan demam selama beberapa dekade. Kedua nutrisi ini tidak akan mencegah Anda dari sakit, tetapi dapat meredakan gejala Anda.

Jumlah vitamin C yang disarankan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Sejumlah makanan yang diketahui memiliki banyak vitamin C meliputi jeruk, paprika merah, stroberi, brokoli dan kiwi.

Baca juga: Berikut jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi dengan direbus

Demikian juga, jumlah zinc yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 8 mg untuk wanita dan 11 mg untuk pria. Makanan tinggi zinc antara lain buncis panggang, kacang mete sangrai, daging sapi panggang dan tiram.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian menunjukkan kekurangan magnesium dapat menyebabkan sistem kekebalan melemah. Oleh karena itu, cukupilah asupan magnesium dalam makanan Anda dapat membantu Anda melawan infeksi.

Jumlah magnesium yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah antara 310 mg untuk wanita dan 420 mg untuk pria. Makanan kaya magnesium meliputi alpukat, selai kacang, bayam dan almond.

2. Air, kaldu dan teh bebas kafein
Selain makan dengan benar, minum yang cukup juga penting. Pilek dapat membuat Anda dehidrasi, jadi minumlah banyak air dan hindari cairan yang dapat membuat Anda semakin dehidrasi.

"Hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi atau virus. Cairan seperti kaldu dan teh (bebas kafein) adalah pilihan terbaik Anda," kata Pescatore.

Hindari minuman manis seperti soda, karena kandungan gula di dalamnya dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit untuk pulih dari sakit.

Sementara minuman lain seperti kopi, alkohol, dan jus buah juga dapat membuat Anda dehidrasi.

Baca juga: Tips sehat santap makanan saat Lebaran

3. Suplemen
Saat Anda sakit, Anda mungkin kehilangan nafsu makan sehingga membuat Anda lebih sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih. Dalam hal ini, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral.

"Diet sehat normal harus mencakup cukup vitamin dan mineral, tetapi jika diperlukan, Anda juga dapat melengkapi dengan suplemen untuk memastikan Anda mendapatkan tingkat yang tepat," jelas Pescatore.

Salah satu nutrisi yang telah dicoba dan benar untuk memastikan pemulihan yang cepat dari pilek adalah vitamin C. Plus, penelitian kecil menunjukkan suplemen yang biasanya berasal dari elderberry, ginseng, dan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan mengurangi durasi penyakit Anda.

Baca juga: Kini 'daging' berbahan nabati hadir di Indonesia

Baca juga: Daftar makanan yang wajib dikonsumsi wanita

Baca juga: Makanan sehat untuk mengdongkrak rasa bahagia