Podium di Portimao jadi incaran Sean Gelael

id Sean Gelael,Podium di Portimao ,Podium di Portimao jadi incaran Sean Gelael

Podium di Portimao jadi incaran Sean Gelael

Pebalap Sean Gelael (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael akan berupaya meraih podium pada balapan putaran kedua FIA World Endurance Championship (WEC) yang digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir pekan ini.

Balapan di Portimao, menurut Sean, akan lebih menantang karena durasi lomba selama delapan jam atau lebih lama dua jam dibanding balapan putaran pertama di sirkuit Spa Franchorchamps bulan lalu.

"Balapan 8 jam itu sendiri bukan hal mudah. Apalagi trek Portimao juga tergolong roller-coaster, karena konturnya yang turun-naik terus menerus dari Tikungan 1 sampai belokan terakhir. Konsentrasi jadi kunci utama di sini karena balapannya panjang," kata Sean dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Sean Gelael akhiri balapan di Catalunya lebih cepat karena cedera

Sean akan tampil membawa bendera Tim JOTA di kelas LMP2 dengan nomor mobil 28 bersama Stoffel Vandorne dari Belgia dan Tom Blomqvist dari Inggris.

Para pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, BNI dan Pertamina itu pada balapan putaran pertama sukses menempatkan diri di podium ketiga.

Peta persaingan di Portimao diprediksi tidak akan jauh berbeda, kendati para rival ada kemungkinan yang mengganti personel pebalapnya.

Adapun dari sesama garasi JOTA, nomor mobil 38, trio Antonio Felix da Costa, Anthony Davidson, dan Roberto Gonzalez masih sama seperti pada seri pertama di Belgia. Mereka adalah pesaing langsung JOTA #28 dalam perebutan posisi runner-up kala itu.

Tim pemenang, United Autosports USA, kehilangan pebalap terbaik mereka, Filipe Albuquerque, tapi sang pengganti juga bukan sembarangan, Paul di Resta. Dia jebolan F1.

Baca juga: Balapan sulit, Sean Gelael nir poin di Hungaria

Bila di Belgia kubu G-Drive menurunkan dua tim, di Portugal ini mereka absen sama sekali. Mereka baru saja memenangi kelas LMP2 European Le Mans Series di Paul Ricard, Prancis (6/6).

Secara umum, peserta kelas LMP2 memang berkurang, dari 17 di Belgia menjadi 11 di Portugal. Akan tetapi itu bukan berarti tantangan JOTA #28 bakal mudah.

Bagi Sean, siapa pun yang ada di kubu lawan, semua adalah lawan berat. Berkaca dari hasil di Belgia, kesalahan kecil bisa membuyarkan impian meraih hasil bagus walau sudah di depan mata.

Balapan ketahanan mobil delapan jam di Portimao itu bakal disiarkan langsung di channel youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada Minggu mulai pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Sean Gelael pulang dengan tangan hampa di seri pembuka Formula 2

Baca juga: Lelang baju balap bersejarah Sean Gelael laku Rp100 juta

Baca juga: Sean Gelael ajak pemain IBL rasakan aspal Sirkuit Sentul