Begini cara kendaraan metik parkir paralel agar tidak mengganggu

id parkir paralel ,mobil matic,mobil metik,Begini cara kendaraan metik parkir paralel agar tidak mengganggu

Begini cara kendaraan metik parkir paralel agar tidak mengganggu

Ilustrasi: Parkir Paralel (ANTARA/Auto2000)

Jakarta (ANTARA) - Memiliki kendaraan bukan hanya saja harus pandai menjalankannya, pemilik kendaraan roda empat terlebih kedaraan metik juga dituntut untuk bisa melakukan parkir dengan berbagai kondisi, terlebih posisi paralel yang kadang membuat bingung para pengendara.

Mobil dengan transmisi metik memiliki peluang roda-roda terkunci saat parkir menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan model manual.

Alasan utamanya bukan karena mengaktifkan handbrake, tetapi mereka belum mengetahui fungsi tombol Shift Lock. Saat ini hampir semua mobil transmisi metik telah memiliki tombol Shift Lock.

Auto2000 dalam laman resminya membagikan beberapa tips agar pemilik kendaraan transmisi metik lebih bisa memahami fungsi dari penggunaan tombol Shift Lock. Berikut penjelasannya:

1. Geser transmisi ke posisi “P”

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggeser transmisi ke posisi “P”. Tentu saja ini memberikan penanda pada mobil bahwa Anda sedang ingin parkir. Ketika tuas ada di posisi ini, secara otomatis seluruh roda mobil terkunci.

Baca juga: VW pamerkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg

2. Matikan mesin

Setelah memindahkan transmisi ke posisi “P”, Anda dapat mematikan mesin untuk memulai langkah selanjutnya.

3. Cabut kunci kontak

Sekarang waktunya cabut kunci kontak dari tempatnya. Namun bukan berarti dengan mencabut kunci kontak, tugas Anda selesai. Seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu memanfaatkan fungsi tombol SHIFT LOCK yang telah tersedia di hampir seluruh mobil dengan transmisi matic. Jadi, mari simak langkah selanjutnya yang paling penting.

4. Gunakan tombol SHIFT LOCK

Untuk menggunakan tombol SHIFT LOCK, Anda harus menekannya. Tekan dan tahan tombol tersebut sambil memindahkan tuas transmisi ke posisi “N” atau netral. Jika sudah di posisi netral, maka Anda dapat melepas tombol SHIFT LOCK.

Penggunaan SHIFT LOCK membuat mobil dapat didorong ketika sedang parkir paralel. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa seharusnya tidak perlu memasukkan transmisi ke posisi “P” ketika sedang memulai proses memarkir.

Maksud dari memindahkan transmisi ke “P” adalah untuk melepaskan kunci mobil. Jika tidak dipindahkan ke “P”, kunci mobil tak dapat dilepas.

5. Tidak perlu tarik handbrake

Dengan penggunaan tombol SHIFT LOCK, Anda sudah tak perlu lagi menarik handbrake. Posisi mobil akan tetap aman, kecuali jika memang didorong. Jadi proses parkir paralel mobil metik menjadi lebih mudah berkat tombol tersebut.

Itulah informasi lengkap mengenai cara parkir paralel mobil metik. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat bermanfaat untuk AutoFamily di dalam penggunaan mobil metik sehari-hari.

Baca juga: Ini etika makan di dalam kendaraan

Baca juga: Cara rawat body mobil jadi kembali mengkilap

Baca juga: Filter mobil yang perlu diperiksa usai perjalanan jauh

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar