Berikut cara menjalankan internet secara sehat dan aman

id Pemkab barito utara, webinar indonesia makin cakap digital, gerakan literasi digital, muara teweh, internet aman dan sehat, kalteng, kemenkominfo, kem

Berikut cara menjalankan internet secara sehat dan aman

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Barito Utara, Kalimantan Tengah, Sabtu, (10/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Internet bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi masyarakat di era digital seperti saat ini, sebab umumnya hampir semua orang kini telah memanfaatkan internet dalam menunjang kehidupan sehari-harinya.

Meski demikian masyarakat harus mewaspadai adanya kejahatan yang bisa terjadi melalui jaringan internet, kata Regional Business Leader APAC of HoneyWell Alexander Dimas saat menjadi narasumber webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Sabtu.

"Untuk itulah keamanan internet menjadi salah satu hal yang penting guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti halnya tindak kejahatan," katanya.

Alexander menyampaikan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat agar bisa menjalankan internet secara aman dan sehat. Seperti menjaga informasi pribadi tetap profesional dan terbatas.

Maksudnya, yakni seseorang tak perlu memberikan informasi pribadi mengenai alamat rumah, usia atau nama kedua orang tua, kepada orang asing baik secara individu maupun kelompok.

"Juga jangan sampai membagikannya kepada jutaan orang secara daring atau online," tuturnya.

Selanjutnya memilih kata sandi yang kuat. Kata sandi merupakan salah satu titik lemah terbesar di seluruh struktur keamanan internet dan tidak ada jalan lain untuk mengatasinya.

Untuk itu menurutnya, pilihlah kata sandi yang kuat dan sulit diketahui penjahat di dunia maya. Kata sandi yang kuat biasanya unik dan kompleks, setidaknya memiliki sebanyak 15 karakter dengan menggabungkan huruf, angka maupun karakter khusus.

"Sekarang juga telah dimiliki beberapa aplikasi pengelola kata sandi yang dapat membantu mengelola banyak kata sandi, sehingga kita tidak akan melupakannya," jelasnya.

Kemudian ia mengingatkan untuk berhati-hati dengan siapa saja yanh ditemui di dunia maya. Seperti yang dilaporkan WHO, 40 persen kejahatan seksual berawal dari pertemuan di dunia maya.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal lain yang perlu dilakukan adalah jangan pernah memberikan komentar negatif yang sifatnya menghina, menindas atau bullying kepada orang lain.

"Hal itu merupakan tindakan tercela, apalagi sekarang ada pasal UU ITE yang bisa menjerat pelaku tersebut," ungkapnya.

Ia pun menyampaikan kepada masyarakat, melalui upaya mewujudkan internet yang aman dan sehat, maka hal tersebut merupakan partisipasi dalam membantu maupun mengedukasi orang lain agar lebih bijak dalam memanfaatkan internet.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021