Indonesia dapat sumbangan vaksin COVID dari Inggris

id vaksin COVID ,Indonesia dapat sumbangan vaksin COVID dari Inggris,vaksin AstraZeneca,COVAX,Menteri Luar Negeri Dominic Raab

Indonesia dapat sumbangan vaksin COVID dari Inggris

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab. (HO-Kedubes Inggris Jakarta)

London (ANTARA) - Inggris akan mengirimkan 9 juta dosis vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca mulai pekan ini ke sejumlah negara termasuk Indonesia, Jamaika, dan Kenya untuk membantu mengatasi pandemi.

Sekitar 5 juta dosis ditawarkan kepada COVAX, skema untuk memastikan akses global yang adil ke vaksin COVID-19, sementara 4 juta dosis lainnya akan dibagikan langsung ke negara-negara yang membutuhkan.

"Kiriman pertama sebanyak 9 juta dosis akan berangkat pada Jumat," kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab kepada penyiar, Rabu.

Ia mengatakan bahwa vaksin tersebut akan dikirim ke negara-negara termasuk Laos, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Kenya, dan Jamaika.

"Kami tidak hanya melakukannya untuk kepentingan kami sendiri, ini menunjukkan Inggris secara global sebagai kekuatan penyelamat hidup untuk kebaikan di dunia," ujar Raab.

Indonesia akan menerima 600.000 dosis vaksin, sementara 300.000 dosis akan dikirim ke Jamaika dan 817.000 dosis akan dikirim ke Kenya, di antara negara-negara lain, kata pemerintah Inggris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berjanji untuk menyumbangkan sedikitnya 100 juta surplus vaksin COVID-19 dalam tahun depan sebagai kontribusi pada upaya G7 untuk membantu negara-negara miskin memvaksin warganya.

Sumbangan yang diumumkan pada Rabu adalah tahap pertama dari janji itu, kata pemerintah.

Pengumuman itu muncul saat Johnson dijadwalkan bertemu dengan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta di Inggris.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani