Tanam perdana porang tandai peresmian Kebun Pemuda KNPI Kotim

id Tanam perdana porang tandai peresmian Kebun Pemuda KNPI Kotim, Kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, KNPI kotim, Fajrurrahman

Tanam perdana porang tandai peresmian Kebun Pemuda KNPI Kotim

Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman bersama pejabat lainnya menanam perdana porang saat peresmian Kebun Pemuda yang dikelola KNPI Kotawaringin Timur, Sabtu (4/9/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Inovasi dibuat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dengan membuat Kebun Pemuda yang peresmiannya ditandai dengan penanaman perdana porang.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi langkah pemuda. Ini terobosan perdana KNPI dalam melakukan inovasi dan adaptasi dalam pemberdayaan di bidang pertanian dengan menanam porang," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman saat meresmikan Kebun Pemuda di Sampit, Sabtu sore.

Kebun Pemuda yang dikelola KNPI berlokasi di Jalan Jaksa Agung R Suprapto Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang. Peresmian kebun ini disertai pelatihan budidaya tanaman porang yang diikuti perwakilan KNPI dari sembilan kecamatan serta pengurus kabupaten dan sejumlah petani.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie, anggota DPRD Modima Latifah Munawarah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sepnita dan pejabat lainnya. 

Fajrurrahman mengaku bangga dengan langkah yang dilakukan KNPI Kotawaringin Timur. Ini menjadi langkah maju bagi KNPI untuk mempelopori terus tumbuhnya jiwa kewirausahaan, khususnya di bidang pertanian.

Ini juga menjadi jawaban KNPI Kotawaringin Timur terhadap tantangan Bupati Halikinnor saya melantik pengurus KNPI kecamatan belum lama ini. Saat ini bupati menantang KNPI melakukan aksi nyata dengan membuat kebun porang. Kini tantangan itu telah dijawab oleh pengurus KNPI.

Fajrurrahman berharap kebun yang ditanami porang dan beberapa jenis tanaman lainnya itu bisa berhasil hingga panen dan terus diperluas. Dia meminta Dinas Pertanian melakukan pendampingan dan membantu agar Kebun Pemuda bisa memberikan hasil yang menggembirakan.

"Pemerintah daerah tentu tidak tinggal diam. Pemerintah daerah akan membantu semaksimal mungkin. Pak bupati juga menyumbang 50 sak pupuk kandang sebagai stimulan bagi Kebun Pemuda yang dikelola KNPI," kata pria yang juga pernah menjabat Ketua KNPI Kotawaringin Timur.

Fajrurrahman mengatakan, pemerintah daerah memerlukan inovasi dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan di masyarakat untuk turut memacu kemajuan Kotawaringin Timur karena potensi sumber daya alam masih sangat besar. Dia mewanti-wanti agar jangan sampai terjadi seperti pepatah "ayam mati di lumbung padi".

Baca juga: Bupati Kotim berharap kerja sama pengolahan sampah membawa berkah

"Ciptakan paradigma baru tren pemuda dalam rangka mendukung pembangunan daerah. Terima kasih KNPI telah menjadi motor penggerak pemuda di bidang pertanian dan diharapkan juga dilakukan di sektor-sektor lain," kata Fajrurrahman.

Pelaksana Tugas Camat Baamang Gusti Mukaffi sangat gembira dengan dibukanya Kebun Pemuda. Sejak awal dia mengaku mendorong pemuda untuk menyiapkan dan menggarap lahan tersebut.

"Ada beberapa jenis tanaman lain, akan dilihat mana yang paling cocok. Semoga pabrik Porang terwujud maka akan memudahkan pemasaran porang," harap Mukaffi.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana menjelaskan, Kebun Pemuda digarap di atas lahan berukuran 19x100 meter dengan status pinjam pakai karena KNPI Kotawaringin Timur belum memiliki lahan sendiri. Pihaknya sudah membuat perjanjian dengan pemilik lahan sehingga diharapkan bisa berkelanjutan.

Penggarapan kebun ini dilakukan secara swadaya oleh KNPI. Dia berharap nantinya ada perhatian dari pemerintah daerah untuk mendukung pengembangan kebun tersebut.

"Kami berharap nanti pemuda bisa terlibat pada agenda-agenda yang menjadi sumber pendapatan asli daerah. Kali ini KNPI dengan dana terbatas melakukan inovasi dan kreasi di bidang pertanian," ujar Endra.

Endra menyebut kebun ini merupakan proyek percontohan. Dia berharap dalam satu tahun ke depan kebun ini bisa menghasilkan panen dan bibit yang nanti disebarkan ke kecamatan-kecamatan.

"KNPI adalah mitra pemerintah. Kami akan terus berusaha maksimal mendukung dan membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," demikian Endra.

Baca juga: DPRD Kotim minta pemkab bijak sikapi aspirasi masyarakat