macOS Monterey bawa pembaruan untuk FaceTime dan Safari

id macOS Monterey, FaceTime dan Safari,macOS Monterey bawa pembaruan untuk FaceTime dan Safari

macOS Monterey bawa pembaruan untuk FaceTime dan Safari

Sistem operasi macOS versi Monterey untuk perangkat Apple Mac. (apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Sistem operasi untuk perangkat komputer Apple macOS versi Monterey sudah tersedia untuk diunduh, memberikan pembaruan antara lain untuk FaceTime dan Safari.

Laman resmi Apple menuliskan macOS Monterey bisa diunduh mulai Senin (25/10), bisa diunduh secara gratis pada perangkat Mac yang menggunakan chip buatan Apple atau Intel.

Dua fitur yang dijanjikan saat peluncuran macOS Monterey pertengahan tahun ini, yakni SharePLay dan Universal Control, akan tersedia beberapa waktu mendatang.

Baca juga: Apple luncurkan pembaruan iOS, iPadOS dan MacOS untuk atasi spyware

Berikut ini pembaruan yang ada di macOS Monterey, dikutip dari laman resmi Apple.

FaceTime
Aplikasi panggilan video ini dilengkapi dengan dua mode mikrofon baru, yaitu Voice Isolation untuk mengurangi suara bising di latar belakang dan Wide Spectrum, menangkap suara bising sehingga lawan bicara bisa mendengar semua suara.

Peserta panggilan video kini ditampilkan dalam rangka kotak yang berukuran sama. Untuk perangkat Mac yang menggunakan chip M1, FaceTime memiliki mode potret, yaitu memberikan efek kabur pada latar belakang.

Mode ini juga berlaku pada aplikasi lainnya, seperti Zoom dan Webex, berkat kemampuan Neural Engine pada chip M1.

Aplikasi ini akan dilengkapi dengan fitur SharePlay untuk membagikan konten musik, film hingga televisi saat panggilan video. SharePlay antara lain bisa dipakai untuk Apple Music dan Apple TV+.

Universal Control
Fitur Universal Control mengizinkan pengguna menggunakan satu keyboard dan mouse untuk dua perangkat sekaligus, yaitu Mac dan iPad.

Focus
macOS Monterey memiliki fitur bernama Focus, yang bisa menyaring notifikasi ketika mereka tidak ingin diganggu. Ketika mengaktifkan Focus pada Mac, secara otomatis fitur ini juga akan menyala di perangkat Apple lainnya.

Safari
Apple memperkenalkan fitur Tab Groups agar pengguna lebih mudah mengatur tab yang sedang dibuka pada peramban Safari. Tab Group juga akan tersambung ke perangkat lainnya seperti iPhone dan iPad.

Apple memberikan lebih banyak perlindungan pada Safari, salah satunya menambah kemampuan Intelleigent Tracking Prevention bisa mencegah pelacak mengambil alamat IP pengguna.

Spatial Audio
Fitur ini hanya tersedia pada Mac keluaraan terbaru yang menggunakan chip M1, ketika dipasangkan dengan AirPods generasi ketiga, AirPods Pro dan AirPods Max.

Baca juga: Apa saja fitur baru di macOS Big Sur?

Baca juga: MacOS Big Sur hadirkan sistem operasi baru secara gratis

Baca juga: MacOS Big Sur akan hadirkan Face ID